penyebab penyakit berak hijau pada ayam bangkok dan cara mengobatinya


Penyebab penyakit berak hijau pada ayam aduan serta cara mengobatinya - Maraknya penyakit berak hijau pada ayam terutama pada musim penghujan, penyakit yang sering juga disebut kolera ini disebabkan oleh bakteri, pada tahap yang lembab seperti pada musim penghujan, akan membuat bakteri berkembang dengan cepat, jika kondisi kandang tidak terjaga kebersihannya, maka ayam bukan tidak mungkin terkena penyakit berak hijau dan penyakit tersebut mudah menyerang dan menular pada ayam lain.

Seperti judul artikel diatas, saya akan membahas tentang penyebab penyakit berak hijau pada ayam aduan dan cara mengobatinya, adalah sebagai berikut:

 Penyebab penyakit berak hijau pada ayam aduan serta cara mengobati


Gejala Penyakit Berak Hijau


Diagnosa penyakit yang akurat pada ayam merupakan langkah yang tepat dalam penanganan tepatnya, untuk disesuaikan dengan penyakit ini ada beberapa gejala yang biasanya muncul:

-Kotoran ayam atau berak berwarna hijau.
-Kadang-kadang bisa sampai bengkak pada sambungan daging ayam menjadi lumpuh.
-Ujung jengger berwarna biru kehitaman.
-Pial bagian bawah bengkak.
-Nafsu Makan menurun
-Keluar cairan dari mulut.
-Jika perpecahan dengan snot atau corisa maka daging ayam akan kebiruan bengkak merah.

Penularan Berak Hijau

Berak hijau adalah penyakit yang mudah menular antara ayam yang satu dengan yang lain, sistem penularan penyakit yang bersifat horizontal, berasal dari ayam berak hijau ke ayam yang sehat, penularan ini bisa menggunakan tempat pakan dan minum, cara penularan yang lain bisa juga karena tempat berlindung dari makhluk yang terkontaminasi penyakit ke kandang atau dari hewan pengerat tikus, burung dan burung sakit yang keluar masuk kandang.

Ayam yang sakit harus di karantina, penularan penyakit berak hijau juga bisa terjadi secara vertikal dari indukan kepada anakannya. Karena itu, beberapa orang menyarankan indukan yang terjangkit penyakit kolera tidak bisa lagi digunakan bibit indukan.

Pakan ayam juga bisa menjadi media penularan penyakit berak hijau, dalam penyimpanan pakan yang kurang baik, misalnya tempat pakan yang lembab dan juga kotor akan membuat bakteri penyebab berak hijau dapat berkembang biak pada tempat pakan tersebut, jika pakan yang sudah terkontaminasi akan dikonsumsi ayam, maka ayam akan terserang penyakit berak hijau.

Pencegahan Penyakit Berak Hijau

Pencegahan penyakit berak hijau lebih baik sebelum penyakit menyerang menyerang ayam aduan kesayangan kita. Langkah antisipasi yang pertama adalah dengan respons sanitasi kandang dan lingkungan, tempat penyimpanan, air, lantai dan dinding kandang harus selalu ditangani penyemprotan dengan antiseptik dan sangat membantu untuk dilakukan.

Kandang yang jarang dibersihkan akan membuat kandungan amoniak menumpuk, karena itu kebersihan kandang sangat baik untuk mencegah bakteri penyebab penyakit tidak berkembang biak.

Kualitas pakan juga harus dijaga dengan baik, tidak ada yang membutuhkan kualitas buruk dan mengandung masalah kolera ini.


Pengobatan Penyakit Berak Hijau


Jika berak hijau sudah terlanjur menyerang ayam, langkah pertama adalah segera karantina ayam yang sakit, ayam yang terkena penyakit segera diberikan pengobatan melalui oral (makanan) atau diberikan suntikan. Obat yang diberikan biasanya adalah antibiotik yang akan membantu ayam membunuh bakteri-bakteri penyebab berak hijau, antibiotika yang disuntikkan antara lain furozolidon, coccilin, neo terramycin, tetra atau mycomas, lokasi penyuntikan adalah di dada ayam, kolera juga bisa disembuhkan dengan menggunakan preparat sulfat atau antibiotik seperti noxal, ampisol atau inequil.

Demikian sedikit informasi yang dapat saya informasikan mengenai penyebab penyakit berak hijau pada ayam aduan serta cara mengobati. Mohon maaf bila mana ada kesalahan. Terimakasih sudah meluangkan waktunya untuk membaca artikel diatas, semoga bisa bermanfaat buat agan semua. Kunjungi juga http://bangkokterbaik.blogspot.com untuk membaca artikel menarik lainnya. Dalam satu hobi.

0 Response to "penyebab penyakit berak hijau pada ayam bangkok dan cara mengobatinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel