Cara Sederhana Mengatasi Ayam Bangkok Betina Susah Bertelur

Cara sederhana mengatasi ayam bangkok betina susah bertelur - Untuk artikel kali ini saya akan memberikan sedikit informasi mengenai tata cara mengatasi ayam bangkok betina susah bertelur, atau lebih tepatnya cara agar ayam bankok betina cepat bertelur. Tentunya kita sebagai peternak ayam aduan menginginkan ayam yang kita pelihara bisa terus mempriduksi telur. Untuk agan yang ingin mengetahui faktor penyebab ayam susah bertelur sekaligus cara mengatasinya, silahkan simak ulasan selengapnya.

Dibawah ini adalah beberapa faktor penyebab ayam bangkok betina susah bertelur serta tips untuk mengatasinya.

 Mengatasi ayam bangkok betina susah bertelur

Ayam aduan masih terlalu dini
Pada umumnya, ayam bangkok betina siap untuk dikawinkan dan siap untuk bertelur pada saat usia ayam betina tersebut sudah menginjak usia 7 sampai 8 bulan. Jika usia ayam bangkok betina terlalu dini, saluran reproduksinya belum sempurna. Jadi tunggulah saat ayam bangkok betina sudah menginjak usia 8 bulan lebih untuk mulai dikawinkan.

Ayam betina kurang sehat
Ayam betina yang mengidap penyakit tentunya memiliki wajah yang pucat, nafsu makan menurun dan memiliki beberapa gejala lainnya seperti cacingan. Ayam yang kurang sehat atau terlihat pucat biasanya tidak mau untuk dikawinkan. Usahakan pakan ayam memiliki kandungan nutrisi yang cukup. Sering diumbar agar ayam betina tetap fit, dan yang paling utama adalah kebersihan tempat umbaran tersebut.

Ayam betina mengalami stres
Hal yang perlu agan ketahui bahwa ayam betina tidak akan mau bertelur jika babon betina tersebut mengalami stres. Beberapa masalah yang dapat membuat ayam stres antara lain, kandang yang kurang baik atau kandang terlalu sempit, pengaruh perubahan cuaca yang ekstreme, pemindahan atau pemegangan sang pemilik juga dapat membuat ayam stres jika indikan betina tidak mau dipegang. Untuk itu pastikan ayam bangkok betina kesayangan agan tidak mengalami stres. Berikan penempatan kandang yang lebih baik dan juga bersih.

Nutrisi pakan serta air tidak tercukupi
Nutrisi untuk ayam bangkok petelur sangat beragam, mulai dari air, protein, energi, lemak, multivitamin, dan sebagainnya. Untuk itu usahakan memberikan pakan dengan gizi yang cukup , seperti bekicot, jangkrik untuk menambah protein, dan juga pakan tambahan seperti kosentrat serta daunan dan juga buah-buahan, agan bisa memberikan daun daunan dan juga buah-buahan seperti daun pepaya, tomat, pisang dan lain sebagainnya.

Dan demikianlah sedikit informasi mengenai cara mengatasi ayam bangkok betina susah bertelur, semoga artikel diatas bisa bermanfaat buat agan, khususnya penghobi ayam aduan. Jangan lupa gulir kebawah untuk membaca artikel menarik tentang cara merawat, mengobati dan juga ciri fisik ayam aduan berkualitas. Terimakasih sudah membaca dan salam satu hobi

0 Response to "Cara Sederhana Mengatasi Ayam Bangkok Betina Susah Bertelur"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel