Penyebab Ayam Aduan lumpuh Mendadak Dan Cara Mengobati


Penyebab ayam aduan lumpuh mendadak dan cara mengobati - Banyak faktor penyebab terjadinya ayam mendadak lumpuh. Sering kita jumpai ayam aduan kita secara tiba-tiba tidak bisa berdiri dikarenakan kaki lemas seperti lumpuh. Sebelum kita melangkah lebih jauh untuk melakukan pengobatan, ada baiknya kita mencari tahu terlebih dahulu apa penyebabnya, sehingga kita dapat memberikan obat yang tepat.

Dan di bawah ini adalah beberapa penyebab ayam bangkok aduan lumpuh mendadak

 Cara ampuh mengobati ayam lumpuh mendadak

1. Tetelo
Penyakit tetelo adalah penyakit paling ganas yang menyeraang ayam aduan seterlah flu burung. Penyakit tetelo memiliki gejala seperti berak putih encer kehijauan, tubuh ayam lemas, dan memiliki gejala akan kelumpuhan, dan jika penyakit sudah parah maka penyakit pernafasan akan muncul seperti megap-megap, bersin, ngorok, demam parah seperti kaki dan tubuh gemetar, dan gejala yang sangat kritis bisa muncul yaitu leher kejang-kejang dan kesulitan bernafas dengan leher ditarik memanjang dan memendek. Untuk pengobatan, sementara ini belum di temukan obat yang terbukti manjur untuk mengobati tetelo.

2. Terkilir
Ayam yang tiba-tiba lemas tanpa sebab pun bisa terjadi karena ulahnya sendiri, seperti terkilir yang akhirnya keram atau apapun yang bisa menyebabkan otot berkontraksi terlalu keras yang menyebabkan kaki, sayap, ataupun bagian lainya menjadi pegal dan sulit untuk digerakan. Hal demikian tentu kita anggap sebagai hal yang tidak bisa diprediksi ataupun di antisipasi, karena terjadi secara tiba-tiba.

3. Latihan Terlalu Keras
Ayam aduan yang terlalu dipaksa untuk bertarung, pastinya sangat berbahaya bagi fisik dan mental ayam aduan kita. Berikan latihan sesuai kemampuannya. Dan pastikan sebelum bertarung ayam di berikan persiapan yang matang.

4. Kurang Vitamin
Ayam aduan lumpuh secara tiba-tiba bisa terjadi dikarenakan terlalu sering di abar tanpa tercukupi nutrisi dan juga gizinya, Kekurangan kalsium dan zat besi dapat menyebabkan kelumpuhan pada ayam (terutama ayam muda).

Cara Mengobati ayam lumpuh antara lain adalah sebagai berikut

1. Pemberian pakan harus benar-benar diperhatikan. Ayam yang lumpuh biasanya nafsu makan akan menurun, oleh karena itu sebagai tuannya, penghobi harus menyuapinya untuk menjaga kondisi perutnya agar tidak kosong.

2.  Berikan air minum secara terus menerus tanpa dibatasi, ayam aduan yang menahan rasa sakit tentu akan sangat membutuhkan asupan air mineral yang cukup banyak.

3. Berikan daun kemangi dicampur ragi tape. Cara pemberiannya, anda dapat secara lansung melolohkannya.

4. Berikan obat Tradisional. Cara membuatnya sediakan bawang merah, cabe merah, dan jahe. Selanjutnya tumbuk halus kemudian lolohkan pada ayam aduan kesayangan anda. Lakukan sehari sekali saat malam hari.

5.  Pemberian multivitamin. Multivitamin sangat penting untuk menjaga kekebalan tubuhnya yang melemah akibat nafsu makan menurun. Adapun jenis multivitamin yang banyak dianjurkan sebagai obat ayam lumpuh oleh para botoh adalah multivitamin Jalu Aji Ginseng Plus atau Becomp Plus. Obat tersebut mampu untuk memperbaiki jaringan syaraf yang rusak, terkilir serta membantu meningkatkan metabolisme tubuh ayam agar selalu prima.

6. Pemberian daun Serei. Daun serei bisa memberikan efek normalisasi kesalahan yang ada pada struktur urat ayam. Cara menggunakannya yaitu dengan menempelkan daun serai yang ditumbuk pada bagian yang terlihat sakit pada ayam. Penempelan dilakukan dengan bantuan kain perban selama 1 hari harus diganti dengan daun yang baru.

7. Melakukan pemijatan pada bagian tubuh ayam yang sakit dengan minyak tawon, terutama jika pengobatan dengan daun serai tidak dilakukan. Hindari memandikan atau menjemur ayam sampai kondisi ayam lumpuh benar-benar pulih. Usahakan kandang ayam selalu dalam keadaan hangat di malam hari. 

8. Pemberian obat penambah darah 1, berikan obat penambah darah dua hari sekali agar tubuhnya tetap fit. Obat penambah darah yang bisa agan diberikan adalah Sangobion.

8. Jika ayam sudah terlihat  membaik, hentikan pemberian obat dan lakukan penjemuran, namu sebelumnya memandikan terlebih dahulu menggunakan air yang sedikit hangat. Lakukan pada pagi hari.

Dan demikianlah artikel kali ini, semoga sedikit informasi mengenai penyebab ayam aduan lumpuh mendadak dan cara mengobati dapat bermanfaat untuk agan, dan terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel di atas. Salam satu hobi.

0 Response to "Penyebab Ayam Aduan lumpuh Mendadak Dan Cara Mengobati"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel