Cara Alami Mengobati Mata Ayam Terkena Taji Atau Jalu


Bukan hal yang baru jika mata ayam aduan terkena sayatan taji hingga menyebabkan retina pecah sesaat setelah bertarung. resiko apa pun pastinya bisa saja terjadi. Kalau hanya Luka ringan, luka cukup dibersihkan, kemudian dioles dengan obat merah atau antiseptik. jika luka sedikit parah, seperti sobek yang dalam, bisa di beri antiseptik kemudian dijahit.

Namun, jika lukanya sangat parah hingga taji lawan sampai merobek mata. 99% ayam akan buta dan 1% Ayam bisa menjadi senor atau rabun. Maka dari itu perlu dilakukan perawatan yang intensif untuk mencegah luka semakin parah.

 Cara alami mengobati mata ayam aduan terkena jalu

Untuk pengobatan pada mata ayam tersebut gunakan getah kelor. Getah kelor sangat ampuh mencegah infeksi karena getah daun kelor mengandung zat antibiotik yang dapat membantu mempercepat penyembuhan luka. Selain itu getah daun kelor juga aman tanpa efek samping.

Cara pengobatannya dengan mematahkan tangkai daun tersebut kemudian meneteskan getah kelor pada mata ayam yang robek. Cukup diberikan 2 sampai 3 tetes saja. Tambahkan juga amoxilin cukup 1 butir dengan cara melolohkannya. Perlu diingat jika lukanya lebih dari satu hari maka luka akan sulit untuk disembuhkan. Untuk itu agan harus sungguh sunggu dalam melakukan perawatan.

Pada umumnya jika ayam mengalami luka robek pada mata hingga retina mata pecah. Maka biasanya akan membutuhkan proses penyembuhan yang sangat lama, bisa 3 minggu hingga satu bulan lebih. Untuk mempercepat penyembuhan luka sebaiknya ayam tersebut diumbar bersama ayam betina.

Yang terakhir untuk pemberian pakan, agan bisa meberikan buah pisang rutin setiap pagi dan sore, dengan cara kemudian melolohkan langsung, namun sebelumnya potong kecil kecil terlebih dahulu. Selain buah pisang mudah dicerna, buah pisang juga dapat meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh. kandungan vitamin c yang terdapat didalam buah pisang mampu meningkatkan imunitas tubuh sekaligus menjaga dari berbagai macam serangan penyakit.

Buat agan yang baru mengalami hal demikian, sebaiknya jangan diberi makan yang keras keras dulu sampai tenaganya benar benar pulih sempurna. Dari pengalaman pribadi untuk pemberian nasi pun ayam sangat kesulitan untuk mencerna. Boro boro mencerna, nasi sampai masuk tembolok aja sudah sangat sulit, karena waktu itu kemungkinan lehernya sakit karena pukulan keras dari lawan.

Mungkin hanya itu informasi yang dapat saya berikan mengenai tata cara alami mengobati mata ayam aduan terkena serangan jalu. Semoga sedikit artikel diatas dapat bermanfaat buat agan. Jangan lupa kunjungi juga http://bangkokterbaik.blogspot.com untuk membaca artikel menarik lainnya. Terimakasih sedah membaca dan salam satu hobi.

0 Response to "Cara Alami Mengobati Mata Ayam Terkena Taji Atau Jalu"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel