Mengenal Penyakit Coryza Yang Sering Menyerang Ayam Aduan


Penyakit coryza yang menyerang ayam aduan disebabkan oleh infeksi bakteri Haemophillus paragallinarum yang terdiri dari 3 jenis antigenik antara lain A, B dan C. Bakteri Haemophillus paragallinarum merupakan bakteri gram (-). Bakteri ini bersifat labil dan hanya mampu bertahan diluar tubuh selama beberapa hari. Bakteri ini dapat menyebar melalui lendir ayam yang tercampur air, pakan ataupun saat ayam bersin ke udara.


 Mengenal penyakit coryza yang sering menyerang ayam aduan


Pada umumnya coryza merupakan penyakit yang menyerang pernafasan. Yang disebabkan oleh bakteri tersebut. Untuk gejala gejala yang ditunjukan pada ayam yang terserang coryza antara lain mata ayam berbusa dan lemas seperti mengantuk, lubang hidung keluar cairan, muka bengkak, kurang nafsu makan, dan terakhir bulu ekor ayam menangkup kebawah. Jika ayam agan mengalami hal tersebut, segera lakukan pengobatan dengan memberikan tetrachrol atau obat anti snot. Bisa dibeli di toko unggas terdekat.

Untuk pencegahan ada Beberapa tips yang bisa agan lakukan, antara lain:


1. Berikan tempat pakan dan minum secara rutin agar air minum terbebas dari bekteri.

2. Selalu perhatikan kebersihan kandang dan bersihkan kotoran ayam yang menumpuk secara rutin.
3. Pemberian vitamin tambahan pada air minum untuk meningkatkan daya tahan tubuh ayam.
4. Jika musim hujan agan bisa pasang lampu agar suhu kandang cukup hangat.


Demikian sedikit informasi tentang mengenal penyakit coryza yang menyerang ayam aduan. Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel diatas. Semoga bermanfaat serta menambah pengetahuan agan. Kunjungi juga http://bangkokterbaik.blogspot.com untuk membaca artikel menarik lainnya. Salam satu hobi.

0 Response to "Mengenal Penyakit Coryza Yang Sering Menyerang Ayam Aduan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel