Pemisahan Pada Anakan Ayam Aduan Usia Tiga Bulan


Pemisahan anakan ayam aduan pada usia 3 bulan adalah hal yang harus dilakukan. Mengapa demikian? Karena pada umumnya anakan yang dihasilkan oleh indukan dan pejantan yang bagus, terkadang bisa juga menghasilkan keturunan yang kurang bagus. Terutama pada fisiknya. Entah disebabkan oleh telur yang dihasilkan dari indukan kurang berkualitas atau disebabkan indukan tersebut saat memproduksi telur kurang asupan nutrisi dan juga sebagainnya.

Disamping itu, jika pemisahan anakan ayam aduan tidak segera dilakukan secara seksama dan dengan tempo yang sesingkat - singkatnya. Bukan tidak mungkin, kita sebagai peternak mungkin saja bisa dirugikan karena anakan ayam aduan yang sudah beranjak dewasa (usia 6 bulan) pada akhirnya menghasilkan kualitas yang kurang memuaskan. Kalau kita sama - sama peternak ayam aduan, pastinya kita tahu berapa pengeluaran untuk merawat anakan ayam aduan sampai dewasa. Untuk merawat 1 ayam pun perbulannya puluhan ribu atau bahkan bisa lebih. Dengan demikian pemisahan pada ayam aduan sangat perlu dilakukan guna menghemat bahkan bisa menghemat pengeluaran.

 Cara mudah melakukan pemisahan anakan ayam umur 3 bulan


Pemilihan untuk memisahkan bibit ayam unggul pada usia 3bulan bisa terbilang sangat mudah. Namun hal yang perlu diperhatikan adalah harus benar - benar mengetahui dan faham betul tentang ayam aduan, terlebih ciri fisik ayam aduan tersebut. Syarat utama ayam aduan yang akan kita jadikan calon petarung harus memiliki tulangan yang tebal, panjang dan kuat. Ayam aduan yang mempunyai tulangan seperti ciri ciri tersebut memiliki tadah pukul yang baik dan pukulan yan menyakitkan.

Lakukan dengan hati hati untuk melakukan pemisahan anakan ayam aduan. Perhatikan sayap, kaki, pangkal ekor dan juga leher. Ayam yang bagus memilikimi tulangan leher yang besar serta rapat, sayap yang lebat bulu tidak cacat seperti bogang dll, mempunyai pangkal tulangan ekor yang rapat serta padat, besar dan kuat. Memiliki kaki yang kering dengan jari yang sempurna (tidak tiker).

Sebelum mengetahui kualitas tehnik anakan ayam aduan seperti kelincahan, melompat dan mematuk. Sebelumnya ayam aduan diberikan pakan bernutrisi tinggk dan seimbang, sebelum proses penyortiran anakan ayam aduan dimulai. Untuk memenuhi kebutuhan serta gizi agar anakan ayam tetap vit, lakukan pemberian pakan tambahan seperti, tomat, jangkrik, danging bekicot atau jamu jamuan alami seperti kencur, daun pepaya, kunir, bawang putih agar ayam aduan terhindar dari penyakit.

Langkah awal untuk mengetahui kelincahan, lompatan, tehnik mematuk dan sebagainya. Terlebih dahulu persiapkan makanan ayam aduan bisa nasi + bekatul, vour atau pakan sehariannya. Setelah pakan sudah tersedia, taburkan pada area anakan ayam sedikit demi sedikit hingga anakan tersebut saling berebutan. Lakukan kurang lebih 30 menit untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Dengan cara tersebut kita bisa mengetahui anakan ayam mana yang memiliki kecepatan yang baik, kelincahan yang sempurna dan tehnik lompatan sertan mematuk yang baik. Lakukan cara diatas 3 hingga 4 kali agar agan benar benar yakin ayam mana yang harus dipertahankan dan ayam mana yang harus tersisihkan.

Untuk menghindari hal - hal yang tidak diinginkan, seperti salah melakukan penyortiran. Agan cukup memberikan pakan yang baik dan yang seadanya untuk ayam yang lulus dalam seleksi dan gagal dalam seleksi. Usahakan ayam yang akan dijadilan calon petarung memiliki kelincahan yang baik serta memiliki fisik yang baik.

Demikianlah sedikit informasi yang dapat saya sampaikan mengenai tata cara mudah melakukan pemisahan pada anakan ayam aduan umur tiga bulan. Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel diatas. Semoga ulasan diatas dapat bermanfaat buat agan. Kunjungi juga http://bangkokterbaik.blogspot.com untuk membaca artikel menarik lainnya. Dan salam satu hobi.

0 Response to "Pemisahan Pada Anakan Ayam Aduan Usia Tiga Bulan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel