Manfaat Pemberian Kuning Telur Dan Madu Pada Ayam Aduan


Manfaat pemberian kuning telur dan madu pada ayam aduan - Ayam bangkok aduan yang memasuki masa pertumbuhan ternyata sangat bermanfaat untuk menambah asupan gizi serta meningkatkan daya tahan tubuh ayam aduan tersebut. Disamping itu pemberian kuning telur dan madu termasuk pemberian jamu yang paling gampang hanya dengan cara langsung melolohkannya.

Namun, pemberian jamu seperti kuning telur dan madu juga tidak boleh asal asalan, karena ada pembagian waktu tertentu seperti sebelum atau sesudah bertarung, dan yang paling utama yang harus dihindari adalah pemberian kuning telur setelah ayam aduan diberi makanan yang keras seperti beras merah, gabah dan sebaginya. Karena dapat membuat tembolok ayam tidak bisa turun, terlebih jika kuning telur mengeras pada tembolok ayam aduan kita, hal tersebut bisa menimbulkan masalah serius.

 Manfaat pemberian kuning telur dan madu pada ayam aduan

Pemberian kuning telur dan madu bisa dimulai saat usia ayam sudah memasuki umur 7 bulan. Dan bisa diberikan 3 hari sebelum ayam diadu. Untuk pemberian telur + madu dilakukan pada pagi hari saat kondisi tembolok ayam masih kosong, kemudian di umbar sebentar lalu ditenggar seperti biasa. Usahakan jangan terkena sinar matahari dululu agar penyerapan kuning telur + madu dapat terserap maksimal dalam tubuh ayam tersebut. Ingat jangan sekali - sekali memberikan kuning telur saat tembolok ayam penuh. Karena pada dasarnya kuning telur dapat mengeras. Dan hal itu akan membuat ayam aduan kesulitan untuk mencerna makanan saat tembolok mengeras karena disebabkan kuning telur tersebut.

Kandungan dari kuning telur sendiri tentunya bisa membuat ayam lebih berstamina sehingga bisa lebih tahan lama saat bertarung. Mungkin agan sudah familiar dengan kuning telur dan juga madu. Jenis bahan tersebut memiliki banyak kandungan seperti yang tercantum dibawah ini, adalah sebagai tersebut.

1. Kuning telur memiliki kandungan protein tinggi yang berfunsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh tubuh ayam aduan. Selain meningkatkan daya tahan tubuh juga mempunyai nilai protein tinggi. Telur yang diberikan adalah telur ayam kampung dan telur bebek, dari kata lain telur yang dihasilkan dari perkawinan induk babon tersebut.

2. Madu asli memiliki banyak manfaat seperti menjaga kesehatan dan juga ketahanan tubuh ayam aduan. Pemberian madu sangat disarankan untuk memulihkan tenaga ayam aduan setelah berlaga, terutama untuk mengatasi ayam aduan yang mengalami kelelahan, lemas dan tidak bertenaga. Dan beberapa kandungan dalam madu yaitu sebagai sumber energi dan nutrisi yang dihasilkan oleh kandungan - kandungan dalam madu tersebut. Madu juga memiliki kandungan berupa vitamin, mineral 2%, 80% gula dan 18% air, 3280 kilokalori, antioksida yang baik untuk melindungi tubuh dari kerusakan sel yang diakibatkan oleh radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Membantu melancarkan darah, dan mampu menangkal infeksi dalam tubuh ayam tersebut.

Dan demikianlah ulasan mengenai manfaat pemberian kuning telur dan madu pada ayam aduan. Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel kali ini, semoga bermanfaat buat agan. Jangan lupa kunjungi www.bangkokterbaik.online untuk membaca artikel menarik lainnya. Salam satu hobi.

0 Response to "Manfaat Pemberian Kuning Telur Dan Madu Pada Ayam Aduan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel