Manfaat Pemberian Vitamin A, B kompleks, C, D, E, Dan K Pada Ayam Aduan


Masih mengulas tentang perawatan ayam aduan. Kali ini saya akan memberikan sedikit informasi tentang manfaat vitami A, B kompleks, C, D, E dan K untuk ayam aduan. Perlu agan ketahui bahwa ayam aduan selain membutuhkan pakan dengan nutrisi yang seimbang, tetapi juga membutuhkan asupan vitamin yang cukup guna untuk kekebalan daya tubuh, pertumbuhan yang maksimal dll.

Sebetulnya kebutuhan vitamin ayam aduan sudah terpenuhi dari pemberian pakan sehari harinya, seperti pemberian gabah yang memiliki kandungan vitamin B kompleks bagi ayam, pemberian daun daunan memberikan asupan vitamin C, dan lain sebagainya.

 Manfaat pemberian vitamin A B C D E dan K pada ayam aduan

Perlu agan ingat bahwa vitamin adalah asupan penting yang dapat meningkatkan vitalitas ayam aduan kita. Pemberian vitamin dalam bentuk suplemen pada ayam juga disarankan, asalkan pemberiannya dalam dosis dan sesuai asupan yang butuhan ayam aduan tersebut.

Seperti judul artikel diatas kali ini saya akan membahas beberapa manfaat vitamin A, Bkompleks, C, D, E dan K untuk ayam aduan. Kandungan dari jenis vitamin tersebut akan yang akan saya paparkan ini dapat menjadi panduan untuk agan dalam menentukan jenis vitamin mana yang harus diberikan pada ayam aduan sesuai dengan kebutuhan fisik ayam aduan tersebut.

Berikut ini adalah jenis - jenis vitamin dan manfaat untuk ayam aduan, antara lain:

1. Vitamin A

Vitamin A dibutuhkan ayam untuk memaksimalkan ketajaman penglihatannya. Selain untuk ketajaman penglihatan, vitamin ini juga penting untuk memperbaiki dan memperbaharui sel - sel darah merahnya. Dan manfaat dari vitamin A cukup penting dalam meningkatkan kualitas saat bertarung. Nah, sebisa mungkin agan harus bisa memberikan asupan vitamin A minimal satu minggu 1 butir untuk satu ekor ayam.


2. Vitamin B kompleks


Vitamin B kompleks terdiri dari B1, B2, B3, B4, B6, dan B12 yang juga dibutuhkan oleh ayam aduan guna pertumbuhannya. Namun, jenis vitamin ini biasanya sudah terpenuhi dari pakan seperti jagung dan kacang kacangan yang agan berikan setiap harinya.

3. Vitamin C

Vitamin C adalah vitamin yang cukup penting untuk daya tahan tubuh ayam aduan agar terhindar dari penyakit. Pemberian vitamin C pada ayam aduan harus diberikan secara rutin, maksimal seminggu sekali untuk pemberian vitamin ink, terutama pada saat musim hujan. Karna suhu yang lembab khususnya pada area kandang akan sangat mudah membuat bibit bakteri tumbuh.

4. Vitamin D

Vitamin D sangat dianjurkan untuk anakan ayam usia kurang 3bulan, Vitamin D sangat penting untuk menunjang proses pertumbuhan tulang yang kuat. Jika agan berharap memiliki ayam yang memiliki tulangan besar dan kuat, agan bisa memlncampurkan vitamin ini dengan susu bubuk.

5. Vitamin E

Vitami E sama seperti vitamin B kompleks, terkadang kandungan yang terdapat pada vitamin E juga sudah terpenuhi melalui pemberian pakan sehari hari. Vitamin E terkandung dalam pakan tersebut seperti minyak ikan dan biji bijian. Pemberian vitamin E pada ayam aduan dapat mempercepat proses pertumbuhan dan menyehatkan bulu ayam tersebut.

6. Vitamin K

Pemberian vitamin K sangat dianjurkan untuk ayam aduan mengalami luka setelah berlaga, luka berat ataupun ringan manfaat pemberian vitamin ini berfungsi untuk membekukan darah dan mempercepat proses penyembuhan luka.

Agan dapat memberikan vitamin - vitamin tersebut secara di selang seling. Disarankan untuk pemberian vitamin pada saat malam hari. Saat malam, ayam bangkok beristirahat sehingga proses penyerapan vitamin yang diberikan akan lebih maksimal. Namun pemberian vitamin diaas sebaiknya hanya diberikan pada ayam aduan yang memiliki gejala kekurangan vitamin.

Demikianlah sedikit ulasan mengenai beberapa manfaat pemberian vitamin A, Bkompleks, C, D, E dan K pada ayam aduan. Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel diatas, semoga bermanfaat. Kunjungi juga bangkokterbaik.blogspot.com untuk menambah wawasan agan tentang tips merawat, mengobati dan juga ciri fisik ayam bangkok aduan. Salam satu hobi.

0 Response to "Manfaat Pemberian Vitamin A, B kompleks, C, D, E, Dan K Pada Ayam Aduan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel