Penyebab Utama Ayam Susah Gemuk Dan Cara Mengobati


Mengapa ayam tidak bisa gemuk? Apa penyebabnya? Berikut ulasan lengkap untuk cara mengobati ayam aduan susah gemuk. Coba diperhatikan apakah nafsu makannya tinggi? Apakah ada gejala gejala terserang penyakit seperti pucat, ayam kurang fit atau sebagainnya.

Jika ayam agan mempunyai nafsu makan yang buruk, coba ayam agan digabung dengan beberapa ekor ayam betina atau juga bisa menggabungkan ayam yang lebih kecil, kemudian berikan pakan agar ayam - ayam tersebut saling berebutan, hal deminian akan meningkatkan nafsu makan ayam aduan agan.

 Penyebab utama ayam susah gemuk

Namun, jika ayam agan memiliki gejala gejala seperti ayam kurang fit, pucat, kurang aktif atau gejala - gejala penyakit yang lebih parah, cobaa agan cari tahu dulu penyakitnya, dan kemudian bosa searching lagi.

Untuk penyebab utama ayam aduan susah demuk serta cara mengobati, agan bisa simak ulasan dibawah ini.

1. Cacingan

Penyebab ayam susah gemuk yang paling utama dan sering terjadi adalah adanya cacing parasit yang terdapat pada usus ayam. cacing parasit dapat berkembang biak yang mendapatkan asupan gizi dari makanan yang masuk pada tubuh ayam. Oleh karena itu walaupun ayam aduan agan makan banyak tapi asupan gizinya tidak tercena oleh tubuh dengan baik.

Beberapa ciri ciri ayam yang terkena cacingan seperti nafsu makan turun, kotoran terdapat adanya cacing kecil, mata seperti mengeluarkan air. Untuk mengatasi agan bisa menggunakan daun pepaya atau buah pinang (jambe) untuk memberantas cacing yang terdapat pada tubuh ayam kesayangan agan. apabila ayam anda masih susah makan ayam bisa digabung dengan ayam kecil ( Jangan terlalu kecil juga ) sehingga saat diberi pakan akan saling keroyokan berebut itu akan membuat nafsu makan meningkat, jagan di gabung dengan ayam besar atau tua itu akan membuat ayam kabur malah gak jadi makan deh. hehehe

2. Kurangnya asupan gizi

Selain karena cacingan, ayam yang tidak bisa gemuk disebabkan karena kurangnya asupan gizi. Seperti ayam aduan hanya diberi pakan utama, contoh beras merah dan air saja sehari hark. Oleh karena itu asupan gizinya tidak terpenuhi. ayam juga butuh kombinasi pakan dan juga gizi seimbang. Agan bisa memberikan jamu jamuan seperti telur ayam kampung + madu asli, juga dapat memberikan pakan tambahan yang tinggi protein seperti belut, ikan lele, bekicot, jangkrik dan sebagainnya. Dengan demikian ayam agan akan cepat gemuk.

Demikianlah sedikit informasi yang dapat saya sampaikan mengenai penyebab utama ayam susah gemuk dan cara mengobati, kurang lebihnya saya mohon maaf. Terimakasih sudah membaca dan semoga artikel kali ini dapat bermanfaat buat agan. Kunjungi juga http://bangkokterbaik.blogspot.com untuk membaca artikel menarik lainnya. Salam satu hobi.

0 Response to "Penyebab Utama Ayam Susah Gemuk Dan Cara Mengobati"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel