Tips Merawat Ayam Bangkok Aduan Usia 0 Sampai 7 Bulan


Tips merawat ayam bangkok aduan usia 0 sampai 7 bulan - Sebagai penghobi ayam aduan atau sabung ayam, tentunya sangat ingin sekali agar anakan ayam aduan yang dirawat kelak menjadi ayam aduan juara. Namun, tak sedikit penghobi ayam aduan yang masih kebingungan untuk merawat anakan ayam aduan, khususnya pemula. Tetapi agan tidak perlu gelisah, karena kali ini saya akan memberikan sedikit informasi tentang cara merawat anakan ayam aduan, dibawah ini adalah ulasan selengkapnya.

Cara merawat anakan ayam aduan usia 0 sampai 7 bulan

 Cara merawat ayam aduan usia 0 sampai 7 bulan

1.  Pemisahan anak ayam

Sesaat setelah telur-telur yang dierami indukan betina menetas, segera ambil anak ayam lalu pindahkan ke dalam boks seperti kardus atau membuat sendiri boks dari kayu. Agan bisa memisahkan anakan ayam aduan saat berusia 2hari.

 Cara merawat ayam aduan usia 0 sampai 7 bulan

Pemisahan anak ayam ini bertujuan agar anak ayam mendapat asupan makanan dan perawatan yang yang baik, agar kelak dapat tumbuh maksimal, khususnya untuk meningkatkan kekebalan anak ayam aduan terhadap penyakit sampai menginjak usia dewasa. Dan satu hal yang perlu agan lakukan adalah pemberian vaksinasi bagi anakan ayam aduan.

Jangan lupa untuk pemberian lampu agar suhu di dalam boks lebih hangat, saya biasanya menggunakn lampu merek ciyoda 5watt. Untuk alas kandang bisa menggunakan kain, Berikan juga air minum dalam boks, untuk minuman bisa dicampur dengan  vita-chick, pemberian vita-chick bertujuan agar anak ayam kebal terhadap penyakit, seperti pada saat perubahan cuaca anak ayam pasti mudah terserang penyakit. Dosisnya disesuaikan saja atau minuman sudah berubah warna menjadi kuning. Berikan juga pakan, untuk pakan taruh di wadah yang agak besar, biarkan anak ayam makan sambil  mencakar-cakar makanannya, sekalian untuk melatih otot kaki.

Setelah usia satu minggu pindahkan ayam kekandang yang lebih besar, dan sesuaikan kandang dengan jumplah ayam, jangan sampai berdesakan. Usahakan juga boks tertutup sesikit rapat. Pakan dan minum juga jangan sampai lupa, untuk pemberian pakan bisa menggunakan voer 591 untuk ayam usia 0 - 3 bulan, satu minggu sekali agan bisa memberikan kalk dengan cara dilarutkan pada air minum.

2. Perawatan anakan ayam usia 1 bulan

 Cara merawat ayam aduan usia 0 sampai 7 bulan

Untuk kandang ayam usia satu 1bulan masih sama dengan kandang usia 1 minggu yakni dengan ukuran kandang 90cm x 60cm, jika dirasa kapasitas anakan ayam aduan terlalu banyak, usahakan membuat kandang anakan ayam lebih dari satu. Hal pertama yang perlu di perhatikan pada saat musim kemarau, untuk air minum jangan sampai telat. Jika cuaca hujan berikan penerangan yang lebih hangat. Jangan lupa juga untuk pemberian vita-chick.

Untuk pakan masih sama dengan dengan 591 sampai umur kurang lebih 3bulan. Untuk jam pemberian pakan harus konsisten di jam yang sama. Pemberian pakan pagi jam 06:00(WIB) dan sore jam 16:00(WIB). Untuk pagi hari pemberian pakan lebih sesikit dan untuk sore hari pemberian pakan lebih banyak dibandingkan pada saat pemberian pakan saat pagi hari, disamping mencegah ayam kelaparan di malam hari, karena selama 12jam waktu ayam tidur, ayam tidak melakukan aktivitas. Lakukan hal tersebit sampai anakan ayam menginjak umur 3 bulan.

 4. Perawatan anakan ayam usia 3bulan lebih

 Cara merawat anakan ayam usia 0 sampai 7 bulan

Setelah anakan ayam menginjak usia lebih 3bulan, agan bisa mulai mengumbar anakan ayam tersebut, selain agar ayam tidak bantat juga dapat melatih otot dan pergerakan anakan ayam supaya tidak kaku. Untuk pakan kita bisa menggunakan vour 594 + bekatul + nasi + selepan jagung dan sesekali agan bisa menambahkan daun pepaya yang dicincang kecil-kecil, cukup 3-4 hari sekali untuk pemberian daun pepaya.

Pemberian pakan harus lebih banyak dibandingkan porsi makan sebelumnya, usahakan pemberian pakan untuk sore hari lebih banyak, dan untuk pemberian pakan pada saat pagi hari cukup sedikit saja. Lakukan hal tersebut sampai ayam aduan menginjak umur 6 bulan.

5. Perawatan ayam usia 6bulan

 Cara merawat anakan ayam aduan umur 0 sampai 7bulan

Setelah ayam menginjak usia 6bulan ayam sudah dikatakan ayam remaja, pisahkan ayam dari saudaranya dan pindahkan pada kandang terpisah, satu kandang hanya di isi 1 ayam. Dengan ukuran 80cm x 70cm. Pemisahan ayam bertujuan agar ayam tidak saling tarung, karena dimasa ini ayam sudah mulai berani untuk bertarung, yang dimana diantara saudaranya pasti salah satu ada ayam yang takut dengan saudaranya yang lebih berani atau yang sedikit lebih tua. Dan hal tersebut dapat mengakibatkan mental ayam bisa drop.

Untuk ransum pakan agan bisa menggunakan vour 594 full sampai bulu mudanya selesai, atau sesekali bisa agan campur dengan beras merah untuk ayam tipe jalu, dan mencampur jagung untuk ayam aduan tite pukul (prongkol, dengan perbandinga 1 : 1. Jangan lupa tambahkan juga daun pepaya untuk menambah nafsu makan ayam tersebut. Pemberian pakan cukup pada sore hari, pagi sampai siang ayam cukup diberi air minum saja. Jangan lupa sesekali ayam diumbar untuk meregakan otot.

7. Perawatan ayam aduan usia 7bulan

 Cara merawat anakan ayam aduan umur 0 sampai 7 bulan

Ketika ayam aduan sudah memasuki usia 7bulan, biasanya pertumbuhan bulu muda pada ayam aduan remaja sudah selesai, namun terkadang pada usia tersebut masih ada juga bulu yang masih mabung/ belum tuntas. Pada usia ini lakukan pengumbaran pada kandang ukuran 1m x 2m. Tujuannya untuk meregakan otot kaki, dan jangan dimandikan dulu sampai bulu ayam benar-benar tutas, atau sudah tidak ada lagi bulu yang mabung. Cukup tempatkan pada umbaran yang terkena paparan sinar matahari pagi guna meningkatkan kekuatan tulangnya.

Untuk pemberian pakan bisa menggunakan campuran vour 594 + beras merah/ jagung. Sampai ayam benar-benar berisi. Setelah ayam mulai berisi dan pertumbuhan bulu mudanya selesai. Mulailah memandikan dan melakukan penjemuran secara rutin kurang lebih selama 2minggu sebelum ayam aduan remaja diabar/ adu. Abar pertama cukup 5 menit, dan biasanya tehnik bertarungnya kurang maksimal dan pukulan kurang akurat. Untuk abar pertama jangan dipaksakan/ jangan lebih dari 5menit. Dan secara bertahap untuk tahap kedua 10menit dan seterusnya.

Dan demikianlah sedikit informasi dari saya mengenai cara merawat ayam aduan usia 0 sampai 7bulan. Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel diatas, dan semoga bermanfaat buat agan-agan semuanya khususnya penghobi ayam aduan. Kunjungi juga www.bangkokterbaik.online untuk membaca artikel menarik lainnya. Dan salam satu hobi.

0 Response to "Tips Merawat Ayam Bangkok Aduan Usia 0 Sampai 7 Bulan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel