3 Cara Mudah Merawat Ayam Bangkok Aduan Umur 3 - 6 Bulan


Tiga cara mudah merawat ayam aduan umur 3 - 6 bulan - Untuk mendapatkan ayam aduan yang berkualitas, memang disarankan ketika mengawinkan terlebih dahulu mencari indukan yang sama-sama bagus, mulai dari betina hingga jantan. Sehingga dalam merawat ayam aduan muda akan mendapatkan hasil yang maksimal. Indukan pejantan dan juga betina tidak boleh memiliki kelainan (cacat) dan tidak boleh dalam keadaan sakit (wajib).

Nah, setelah ayam aduan memasuki usia sekitar tiga bulan, biasanya sudah bisa di seleksi pada umur yang segini. Dan sebenarnya di usia ini ayam sudah dapat dilihat mana ayam yang memiliki postur tubuh dan mental yang bagus. Salah satu caranya adalah kebiasaan suka bertarung dengan sesama anakan yang lainnya.

Dibawah ini adalah 3 cara mudah merawat ayam bangkok aduan muda, antara lain:


 Cara mudah merawat ayam bangkok aduan muda usia 3 - 6 bulan


1.Untuk pemberian Pakan Dan Pelatihan ayam umur 3 bulan

Pemberian asupan makanan yang memiliki gizi lebih, yang paling penting adalah asupan makanan harus berasal dari protein tinggi untuk pertumbuhan dan berkembangan pada ayam aduan tersebut.

Nah selain makanan seperti, jagung, dedak bekatul, vour dll. Makanan dengan sumber protein lainnya yang terkenal adalah potongan ikan. Penting sebenarnya memberikan makan ayam aduan anda dengan jenis makanan ini, namun hendaknya diberikan satu minggu sekali saja.

Mengingat kandungan protein yang dimiliki oleh ikan laut sangat tinggi, ikan laut yang diberikan untuk makanan si ayam aduan disarankan masih ada darahnya dan tidak perlu dicuci.

Diatas merupakan rincian makanan yang disarankan untuk diberikan kepada si ayam aduan ketika memasuki umur tiga bulan.

Untuk selanjutnya mungkin bisa memberikan selingan berupa latihan fisik kepada si ayam tersebut. Namun latihan fisik yang dilakukan jangan terlalu lama, mengingat umur yang dimiliki ayam aduan masih tiga bulan.


Jenis latihan apa yang bisa di berikan untuk ayam usia 3 bulan? Siapkan teelebih dahulu makanan untuk anakan ayam tersebut, bisa berupa jangkrik, tomat, nasi + bekatul atau yang lainnya. Setelah bahan sudah disiapkan, lemparkan pakan tersebut sedikit demi sedikit agar anakan ayam saling berebutan. hal demikian untuk melatih kelincahan dan otot kaki. Selain untuk melatih fisik sebenarnya cara ini dapat menyortir ayam mana yang mempunyai fisik yang bagus dan kecepatan yang bagus.


2. Hal yang harus diperhatikan (kebersihan kandang)

Selain itu kebersihan kandang juga harus dijaga agar ayam aduan selalu sehat dan terhindar dari penyakit. Apalagi baru-baru ini banyak kasus flu burung yang sedang marak terjadi.

Nah bagaimana jika memiliki ayam yang ternyata kurang agresif ? caranya adalah dengan diberi asupan makanan berupa burung kecil yang telah disembelih dan dibersihkan dari bulu-bulu yang menempel tersebut. Setelah bersih barulah burung kecil itu dihancurkan agar memudahkan ayam aduan memakannya. Diberi makanan tersebut rutin setiap seminggu sekali dan ayam aduan akan menunjukan kemajuannya.


3.Latihan Fisik Pada Ayam 6 bulan


Latihan fisik tersebut dapat dilakukan saat pagi hari, siang hari, dan sore hari. Pagi hari dilakukan olahraga ringan seperti diletakkan di tempat lapang yang terbuka dan luas, untuk selanjutnya disediakan tempat untuk melompat kecil jangan lupa setiap pagi hari dan setiap hari ayam harus dimandikan secara rutin.

Untuk latihan siang biasanya bertujuan untuk meningkatkan mental petarung untuk si ayam aduan tersebut. Mental petarung dapat ditumbuhkan dengan mengadakan pertarungan kecil-kecilan dengan ayam aduan lain. Hal ini bertujuan melihat dan menumbuhkan sikap petarung yang hebat kepada ayam yang sedang diadu.

Dan untuk latihan fisik pada sore hari bisa diberikan latihan lari. Dengan cara dikiter. Caranya siapkan kurungan bulat dobel seukuran ayam. Kemudian masukan ayam kedalam kurungan tersebut. Kemudian lepaskan ayam yang kita latih dan ayam pun akan berlari memutari kurungan tersebut.

Tips tambahan: Untuk ayam usia 3 sampai 6 bulan, sebaiknya sering di umbar, agar ayam aduan tersebut memiliki otot dan tukangan kaki yang kuat. Namun harus diperhatikan jangan sampai terganggu oleh ayam lain yang usianya jauh lebih tua. Kare dapat menurunkan mental anakan ayam tersebut.

Jika ayam memasuki usia kurang lebih 6 bulan atau sudah memiliki tanda akan tumbuh bulu dewasa nya, sebaiknya kembali di boks. Namun sesekali di umbar bebas untuk meregakan ototnya. dan diberi nutrisi yang mencukupi, seperti pemberian pakan berupa jagung + nasi + vour juga bisa ditambah dedak bekatul. Bisa juga sesekali diberi makanan yang kaya protein seperti ikan lele, ikan gabus, bekicot, belut dll. Untuk mempercepat proses ganti bulu, berikan minyak ikan pada ayam aduan tersebut minimal 4 hari sekali.

Nah, Demikianlah 3 cara mudah merawat ayam bangkok aduan muda usia 3 sampai 6 bulan. Semoga artikel diatas dapat bermanfaat dan membuat perawatan agan terhadap ayam aduan bisa lebih baik lagi. Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca ulasan diatas dan salam satu hobi. Kunjungi juga http://bangkokterbaik.blogspot.com untuk membaca artikel menarik lainnya.

0 Response to "3 Cara Mudah Merawat Ayam Bangkok Aduan Umur 3 - 6 Bulan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel