Kelebihan Induk Babon Unggul Dan Induk Babon Cetak


Pada kesempatan kali ini saya akan membahas sedikit ulasan tentang kelebihan induk babon unggul dan induk babon cetak. Seperti yang kita ketahui bahwa induk babon adalah poin utama agar dapat menghasilkan keturunan ayam aduan yang berkualitas. Jika induk babon tidak memiliki kualitas yang baik, maka anakan yang dihasilkan tentu akan kurang baik, meskipun pejantannya memiliki keistimewaan dari segi fisik dan juga tehnik bertarung. Oleh karena itu dalam membeli atau mencari ayam aduan harus diketahui terlebih dahulu bibit, bobot dan bebetnya. Seperti contoh.

Bibit: Ayam dari keturunan yang jelas asal usulnya.
Bebet: Berat ayam tersebut, kualitas ayam yang baik cenderung sedikit lebih berat.
Bebet: Lingkungan yang bersih, sehingga ayam yang kita pilih benar - benar dirawat dengan baik.


Berbicara tentang induk babon yang memiliki peran lebih penting dibandingkan dengan pacek (pejantan). Bisa dibilang berbeda dengan ayam pejantan, induk ayam aduan akan lebih dominan mewariskan bakatnya terhadap keturunannya. Pada umumnya terdapat dua jenis induk babon ayam aduan yang baik untuk dibudidayakan yaitu jenis babon unggul dan babon cetak.

Mengenal Kelebihan Induk Babon Unggul
Sesuai namanya babon unggul adalah babon yang lebih banyak mewariskan bakatnya dibandingkan dengan pejantan dalam menghasilkan keturunan yang baik. Dengan kata lain anak ayam akan dominan mewarisi keturunan sang induk, baik itu dari segi fisik, stamina, gaya tarung, mental dan juga pukulan.

Jadi tidaklah heran jika penghobi yang sudah berpengalaman dan juga banyak menciptakan ayam adaun menangan lebih suka menjual pejantan dibandingkan menjual indukan, dikarenakan babon yang mereka miliki adalah babon yang sangat unggul.

Pada umumnya para botoh mengenali ciri-ciri khusus babon unggul dengan melihat gaya tarung, ciri fisik, mental dan stamina layaknya memilih ayam aduan pejantan.

Selanjutnya tidak jarang para botoh melakukan tindakan seleksi babon dengan cara mengabar babon dengan babon lainnya. Selain itu pertarungan tersebut juga menjadi acuan dalam memilih babon unggul yang berkualitas.

Kelebihan dan kekurangan babon unggul

Kelebihan :
Babon unggul bisa langsung ditenak agar segera mendapatkan keturunannya tanpa kawatir untuk mendapatkan hasil keturunan yang kurang baik. Karena pada umumnya babon unggul akan menghasilkan keturunan unggul meskipun pejantannya tidak bisa bertarung sekalipun. Untuk mengenali ciri fisik babon unggul terbilang sangat mudah. Struktur fisik dan teknik lebih bagus dibandingkan babon cetak.

Kekurangan :
Diperlukan uji tanding untuk membuktikan bahwa babon tersebut adalah babon unggul. Dan tidak sedikit hal tersebut membuat babon mereka rusak rusak. Intinya untuk jenis babon unggul sangat mempengaruhi bakat pada keturunannya.

Mengenal Kelebihan Induk Babon Cetak
Untuk melihat ciri khusus babon cetak bisa agan perhatikan hasil keturunannya. Jika anak ayam aduan yang dihasilkan terlihat lebih dominan mewarisi sifat sang pejantan maka induk babon tersebut adalah kategori babon cetak. Pada umumnya terdapat 3 poin penting untuk jenis babon cetak, seperti :

Babon cetak fisik teknik, yaitu keturunannya akan mewarisi teknik dan fisik dari pejantan.

Babon cetak fisik, yaitu lebih dominan menurunkan fisik pejantan kepada keturunannya.

Babon cetak teknik, yaitu teknik atau gaya tarung dari pejantan akan diwariskan oleh keturunnanya.

Kelebihan dan Kekurangan Babon Cetak

Kelebihan :
Babon cetak sangat dicari oleh kebanyakan penghobi ayam aduan. Karena bisa mendapakan keturunan dari ayam aduan juara. Maka anakan yang dihasilkan pun akan memiliki trah juara.

Kekurangan :
Terbilang sangat susah untuk mengenali ciri babon cetak yang sebenarnya dan tidak bisa hanya dilihat dari ciri fisik. Perlu adanya seleksi keturunan yang membutuhkan waktu panjang hingga para peternak bisa mengenali babon cetak dan mengambil kesimpulan.

Untuk itu agan harus lebih teliti saat memilih induk yang akan digunakan untuk melakukan ternak ayam bangkok aduan. Jangan sampai agan membeli induk babon cetak dari informasi "katanya" jika belum tahu "kebenarannya".

Demikianlah artikel kali ini mengenai kelebihan induk babon unggul dan induk babon cetak. Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca sedikit informasi diatas dan semoga bermanfaat dan menjadi ilmu yang berguna buat agan. Kunjungi juga http://bangkokterbaik.blogspot.com untuk membaca artikel menarik lainnya

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel