Cara membedakan jenis kelamin anakan ayam bangkok


Cara membedakan jenis kelamin anakan ayam aduan - Membedakan ayam yang baru menetas dari telurnya terkadang kita dibuat bingung sama anak ayam yang baru menetas. Untuk peternak senior sudah tak susah lagi untuk membedakan anak ayam jantan dan betina, akan tetapi bagi pemula yang belum tau tips cara membedakan anak ayam jantan dan betina ini sangat membingungkan. Namun, agan khususnya pemula jangan kawatir, karena kali ini saya akan membahas tentang cara membedakan anak ayam jantan dan betina.

Utuk ciri-cirinya sebagai berikut :
Anak ayam bisa di lihat dari bentuk bulunya:


Anak ayam yang baru saja menetas, terdapat perbedaan di bulunya, bulu yang di maksud disini adalah bulu di bagian sayapnya. Pada gambar diatas sangatlah jelas di bagian bulu tersebut ada perbedaan, yaitu ada bulu yang panjang dan ada bulu yang pendek, dan bulu yang panjang sudah di pastikan kalau anak ayam tersebut berjenis kelamin betina, sedangkan anak ayam yang memiliki bulu pendek, sudah di pastikan anak ayam tersebut berjenis kelamin jantan.

Membedakan anak ayam dengan cara melihat sifat anak ayam

Cara yang ke-2 adalah melihat langsung sifat dari anak ayam tersebut, cara ini dapat agan praktekan langsung memegang anak ayam tersebut, jika anak ayam tersebut di pegang kemudian dia berontak, bisa dikatakan anak ayam tersebut berjenis kelamin betina. Namun, jika anak ayam tersebut dipegang kemudian dia diam saja, dapat di pastikan anak ayam tersebut berjenis kelamin jantan.

Supaya lebih jelas untuk membedakan jenis kelamin anakan ayam aduan, perhatikan penjelasan di bawah ini :

Kita coba memegang bagian kulit lehernya, kemudian di tarik ke atas, jika hasilnya anak ayam tersebut berontak atau kaki dari anak ayam tersebut mencakar-cakar dapat di pastikan anak ayam berjenis kelamin betina, begitu pula sebaliknya, jika anak ayam terebut tidak berontak dapat di pastikan anak ayam tersebut berjenis kelamin jantan. Letakkan anak ayam dengan posisi terbalik di telapak tangan, jika anak ayam berontak dapat di pastikan anak ayam tersebut berjenis kelamin betina, tapi jika anak ayam tersebut diam saja bisa dikatakan anak ayam berjenis kelamin jantan.


Cara yang ke 3 adalah pegang ke 2 kaki anak ayam posisikan anak ayam terbalik, jika anak berontak dengan cara mengibaskan sayapnya berarti anak ayam berjenis kelamin betina, namun jika anak ayam diam saja dapat di pastikan anak ayam tersebut berjenis kelamin jantan.

Membedakan anak ayam dengan cara melihat langsung dari kelaminnya

Cara yang terakhir ini hanya bisa dilakukan ketika anak ayam berusia 1 sampai 5 hari. Usia anak ayam 1 – 5 hari merupakan fase anak ayam dalam penyempurnaan kelaminnya.

Cara mengetahuinnya cukup mudah. Agan cukup membuka bagian pembuangan kotoranya ( Dubur ) menggunakan jari, jika dubur anak ayam tersebut bentuknya memanjang sudah di pastikan anak ayam berjenis kelamin jantan, sedangkan jika bentuk dubur anak ayam tersebut melebar dapat di pastikan anak ayam berjenis kelamin betina. hal ini keakuratannya bisa mencapai 80 %. Supaya hasilnya lebih akurat, lakukan pengecekan di tempat yang terang sehingga nampak jelas bentuk dubur anak ayam tersebut.

Demikian artikel yang bisa saya sajikan mengenai tata cara membedakan jenis kelamin anakan ayam aduan, mohon maaf bila mana ada kesalahan, semoga sedikit infotmasi diatas dapat bermanfaat buat agan. Kunjungi juga http://bangkokterbaik.blogspot.com untuk membaca artikel menarik lainnya. Dan salam satu hobi.

0 Response to "Cara membedakan jenis kelamin anakan ayam bangkok"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel