Cara Melatih Ayam Bangkok Aduan Tipe Jalu


Cara melatih ayam bangkok aduan tipe jalu - Cara kerja ayam jalu menyerang dengan cepat, prinsip nya cenderung menyerang dan target serangan ayam jalu ialah sembarang tempat, tanpa memperhatikan bagian bagian vital. Maka sebab itu kebutuhan postur tubuh idealnya ayam jalu haruslah ringan, badan yang ramping, ototnya lentur juga kenyal dengan kondisi tulangan sedang dan padat di sertai bulu yang tebal.

Dan dibawah ini adalah beberapa  kebutuhan  yang diperlukan untuk ayam jalu agar dapat bekerja sesuai dengan bakat atau potensi yang dimiliki.

 Cara melatih ayam bangkok aduan tipe jalu

1. Ketajaman jalu sangatlah penting karna bagi ayam jalu senjata menjadi andalan dalam melumpuhkan lawannya, maka sebab  itu  jalu harus  di tajam kan, istilah botoh menyebut nya steel jalu.

2. Postur tubuh idealnya ayam jalu haruslah ringan, badan yang ramping, ototnya lentur juga kenyal dengan kondisi tulangan sedang dan padat di sertai bulu yang tebal, karna dengan kondisi tubuh yang ringan selain kecepatan ayam jalu akan dapat menyerang lawan secara maksimal, dan juga akan berguna untuk menghindar di saat diserang, karna salah satu kekurangan dari ayam jalu ialah rentan dari pukulan.

3. Menu pilihan dan pemberian vitamin serta jamu jamuan, untuk menu pilihan pada ayam jalu. bisa kita berikan rendaman gabah dan beras merah dengan perbandingan 3 gabah banding 1 beras merah, dan untuk cara pemberian vitamin dan jamu agan bisa memanfaatkan kuning telur + madu + gula merah.


Baca juga



Jadwal  pelatihan pagi

Sebelum penjemuran, kira kira sekitar pukul 07.00 pagi ayam di keluarkan dari bok kemudian berikan senaman senaman ringan, buat pelemasan otot biar tidak kaku juga untuk menambah kekuatan otot, di mulai dari leher, sayap juga kaki. Senam leher sering sekali dipergunakan dalam pertarungan jarak dekat, di saat ayam berebut posisi, latihan otot leher sangat berguna untuk  menekan tekanan leher lawan.

Caranya; dengan menyangga leher ayam dengan telapak tangan kiri, lalu tangan kanan memegang bagian belakang ayam di sebelah bawah, kemudian angkat ayamnya setinggi 20 cm kemudian ayunkan ayam nya dengan ber iringan mundur maju, latihan ini dilakukan cukup 10 sampai 15 kali pada hari pertama dan tambahkan 10 kali di minggu selanjut nya. setelah itu, di setiap latihan cukup 30 sampai 40 kali gerakan saja.

Senam sayap

Caranya; dengan mengangkat  satu persatu pada bagian sayap kiri dan kanan masing masing 10 kali kemudian tingkat kan 10 kali ,setelah itu di setiap latihan cukup sampai 20 sampai 30 kali.

Senam  kaki

Latihan ini sangat melelahkan, kegiatan ini di lakukan sekitar 3 atau 5 menit saja. Dan efek dari latihan ini dapat membuat cengkraman ayam jadi lebih kuat, juga ayam aduan akan lebih pandai mengatur posisi dan gerak untuk melakukan penekanan terhadap lawan, juga mampu mengatur pernapasan dan keseimbangan badan.

Caranya;  adalah dengan menekan bagian punggung ayam sampai posisi badan mendekati lantai atau setengah mendekam kemudian dorong  maju mundur. kalau masih bingung, caranya sama seperti orang push ap.

Memandikan ayam

Memandikan ayam aduan sangat membantu dalam memperlancar sirkulasi peredaran darah ke seluruh tubuh, intinya dapat membantu pelemasan otot-otot sendi pada ayam, aktifitas memandikan ayam  jalu   biasa saya lakuan setiap hari  pada waktu tertentu, missal nya  pagi hari  sekitar pukul 7:30 atau 8;30.

Jemur ayam

Aktifitas penjemuran bisa dilakukan setia hari kecuali 2 atau 3 hari ayam akan di tarungkan atau di  abar gebrak. Karna pada  masa itu ayam harus total di istirahatkan tanpa mengikuti aktivitas latihan, kecuali, umbar sore itu pun hanya beberapa menit saja 15 sampai 20 menit sudah cukup , dan untuk durasi waktu dalam penjemuran cukup 1 jam saja.

korek  dan mebasuh ayam

jika ayam sudah di teduh kan, basuh dulu muka ayamnya  gunakan busa berisi air,  sesudah itu baru kita korekin dengan menggunakan bulu ayam yang dimasukan ke dalam tenggorokan ayam yang tujuan nya untuk membersihkan lendir yang ada di dalam tenggorokan, kemudian berikan air minum, sesudah itu baru dikasih  sarapan seperti tomat, telur puyuh dll, cukup sedikit saja. Karena pemberian pakan pada ayam aduan yang sedang di rawat ialah sore hari sekitar pukul  3:00 atau pukul 4;00.

Umbar pagi

Pengumbaran dilakukan setelah prosea penjemuran. Sediakan umbaran dengn ukuran 1x2 m,  atau jika kebetulan belakang rumah kita ada kebun maka itu akan lebih baik karna umbaran khusus ayam jalu paling bagus dilepas di kebun atau halaman rumah tanpa pagar pembatas, usahakan tempat umbaran ayam yang sedang kita latih berada jauh dari ayam dewasa lain, soalnya bisa mengganggu waktu si ayam yang sedang di latih, kecuali ayam betina yang belum siap kawin. karna mengumbar ayam di samping untuk melenturkan otot-otot kaki, juga berguna untuk memperbaiki pernapasan supaya stabil, di saat bertarung. Adapun waktu memulai pengumbaran ialah pukul 10 sampai pukul 12:00, sesudah itu ayam istiraht/ masuk bok.

Jadwal pelatihan siang

Ayam istirahat  selama  2 jam  setelah melakukan pelatihan pagi,

Umbar  sore di pasir

Caranya sama seperti  mengumbar di pagi hari, cuma ada sedikit tambahan saja berikan alas berisi tumpukan  pasir agar ayam mau berkipu untuk melemaskan otot kaki beserta sayap, durasi nya cukup 1 jam. Hentikan pemberian kipu pada ayam aduan seminggu sebelum ayam akan bertarung.

Waktu pemberian makan

Setelah melakukan aktipitas latihan pagi, waktu yang tepat untuk memberi makan ialah pada pukul 3;00 atau4;00 untuk menu makanan nya boleh beras merah atau gabah.

Masuk bok.

Ayam di masukan kedalam kandang dimana pengumbaran sudah selesai.


Pemberian vitamin/ jamu



Di masa ayam dalam pelatihan  asupan vitamin beserta jamu jamuan merupakan hal yang wajib di berikan kepada ayam karna di samping untuk menjaga kesehatan ayam juga sekaligus menambah tenaga dan stamina, pemberian vitamin atau jamu jamuan  di anjurkan baik setelah maupun sebelum ayam melakukan latihan berat seperti setelah abar gebrak, renang atau lari putar, jika pemberian vitamin di lakukan setelah pelatihan maka berikan di malam hari sesudah nya, jika sebaliknya pemberian vitamin sebelum ayam latihan berat maka berikan 3, 2 atau 1 hari sebelumnya.


Lari putar/ kliter

Selain untuk menguat kan  paha, lutut dan kaki juga berguna untuk menambah stamina dan tenaga, kegiatan ini biasanya saya menggunakan alat bantu ayam dewasa lain atau ayam untulan beserta dua kurungan yang berbeda ukuran, besar dan kecil.

Adapun caranya masukan ayam  untul tadi kedalam kurungan kecil kemudian dobel kurungan nya dengan yang besar, setelah itu lepas kan ayam yang akan di latih di luar kurungan, jika  kita lakukan hal ini maka si ayam yang akan di latih akan mematuk dan berusaha memukul, karna adanya jarak di antara kurungan kecil dengan yang besar, maka ayam akan berusaha mencari selah selah untuk bertarung. Dan pada akhirnya  si ayam akan terus berlari mengelilingi kurungan, latihan ini boleh  di lakukan sore atupun pagi, cukup satu  atau dua kali dalam seminggu dengan durasi waktu 5 s/d 10 menit bagi ayam pemula dan 10 s/d 15 menit bagi ayam yang pernah dilatih sebelum nya.

Begitu sederhananya melatih ayam jalu dengan tidak terlalu membutuhkan pembentukaan otot seperti  pada  ayam pukul, karna ayam jalu sangat membutuhkan kecepatan dalam bergerak maka bobot idealnya ayam jalu haruslah ringan, tidak berlemak dan tidak terlalu berotot /kekar  atau besar. Karna  jika  kondisi  ayam jalu  terlalu berotot, besar atau kekar maka hanya akan membuat pergerakan ayam jalu menjadi lambat, akibatnya akan membuat kemampuan dan karakter bakat ayam jalu akan hilang, sehingga bisa mengakibatkan kerugian dalam hal kecepatan.

Catatan  dalam  melatih ayam jalu, pembentukan otot  yang besar atau kekar tidak terlalu di butuhkan maka pelatihan renang atau jenis latihan yang dapat membesarkan otot lain nya harus kita hindari. prinsipnya dalam  melatih ayam jalu harus banyak di umbar.

Latihan tambahan

Khusus untuk  latihan tambahan seperti abar gebrak itu harus dilakukan seminggu sekali, dengan melihat kondisi kesehatan fisik ayam tersebut. jika ayam kurang vit maka sebaik nya jangan di lakukan. Nah, terkecuali  malah sebalik nya ayam terlihat vit dan bergairah baru boleh kita lakukan latihan abar, selain untuk melatih mental bertarung juga merupakan tahap akhir pengujian kekuatan fisik pada ayam petarung untuk mengetahui sejauh mana kemampuan fisik ayam yang sedang kita latih, setelah berhari-hari melakukan aktipitas latihan, latihan abar biasa saya lakukan 10 atau 7 hari sekali dengan skala bertahap. Tujuannya, selain membangun mental bertarung juga sekaligus untuk menjaga kesehatan fisik ayam supaya tidak ngedrop.

Berapa kali tahapan dalam latihan abar untuk bisa masuk ke medan pertarungan yang sesungguh nya?  biasanya saya lakukan 5 sampai  6 kali tahap latihan abar dalam waktu 2  bulan. dan untuk waktu latihan yang biasa saya lakukan ialah sore hari pukul 3:00 atau 4:00. Untuk aturan latihan abar gebrak yang dilakukan, durasi latihan nya harus bertahap  misalnya  abar pertama 5 atau 7 menit berarti abar berikutnya bisa 10 sampai 15 menit. dengan kondisi patuk dan jalu ayam terbungkus plester, baik ayam lawannya maupun ayam yang sedang dilatih, tujuannya selain untuk melatih kecepatan gerak dan tehnik bertarungnya juga sekaligus dapat meningkat kan mental bertarungnya.

Saya rasa cukup sekian dulu artikel mengenai cara melatih ayam bangkok aduan tipe jalu. Terimakaaih sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel diatas. selamat mencoba dan semoga berhasil. Kunjungi juga http://bangkokterbaik.blogspot.com untuk membaca artikel menarik lainnya. Dan salam satu hobi.

0 Response to "Cara Melatih Ayam Bangkok Aduan Tipe Jalu"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel