Cara membesarkan dan memadatkan badan ayam bangkok


Cara membesarkan dan memadatkan badan ayam bangkok aduan - Setiap pemilik ayam aduan pastinnya menginginkan badan ayam aduannya terlihat gagah serta tangguh dalam bertarung. Dan pada umumnya hal ini tidak terlepas dari postur badan yang ideal disertai dengan tekstur yang keras sehingga ayam aduan kita akan memiliki keunggulan saat bertarung. Bayangkan saja jika ayam kita memiliki teknik bertarung yang bagus dan diimbangi dengan badan yang proporsional. Tentunya ayam kita ini akan memiliki pamor yang bagus pula saat diturunkan di gelanggang aduan.

Dan dibawah ini adalah cara untuk membesarkan dan memadatkankan badan ayam bangkok aduan.


 Cara membesarkan dan memadatkan badan ayam bangkok aduan


Untuk cara perawatan dan latihan untuk mendapatkan badan ayam yang besar dan keras ini akan kita bagi menjadi 2 tahapan. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak panduan dari kami berikut ini.

Ayam bangkok yang memiliki badan yang besar ini tidak lepas dari makanan yang kita berikan. Karena makanan adalah sumber utama dalam pembentukan semua bagian tubuh ayam sehingga untuk jenis makanan harus diperhatikan dengan baik.

Dan apa saja jenis pakan untuk membesarkan badan ayam aduan ini?

Untuk anak ayam yang masih berusia 1 minggu hingga 1 bulan, ayam sebaiknya diberikan pakan yang mengandung protein, vitamin serta gizi yang lengkap. Karena pada usia ini adalah usia dimana masa perumbuhan yang menentukan keberhasilan untuk mendapatkan postur tubuh yang ideal,. Makanan yang biasa diberikan botoh ayam pada usia ini adalah Voor 591 yang dicampurkan dengan susuk bubuk dengan perbandingan 1:5 (Contoh: 1 kg susu dicampur dengan 5kg pakan).

Selain itu berikan juga obat untuk merangasang pertumbuhan seperti kalk yang dapat dibeli di apotik atau toko unggas. Untuk obat pertumbuhan ini jangan diberikan terlelu berlebihan. Pemberian cukup satu minggu sekali dengan cara dilarutkan pada air minum.

Setelah melewati usia 3 bulan, pakan diganti dengan pakan yang memiliki tekstur lebih kasar dari sebelumnya. Pakan yang diberikan bisa berupa voor 594 yang bisa dicampurkan dengan jagung + nasi putih. Namun untuk melengkapi gizinya juga bisa ditambahkan susuk bubuk sama seperti pada usia 1 minggu hingga usia 3 bulan diatas.

Untuk jenis makanan lain pada usia ini yakni dapat ditambahkan dengan memberikan daun pepaya yang berfungsi penambah nafsu makan. Caranya yaitu dengan mencampur daun pepaya sebanyak 30% dicampur dengan katul 40%, jagung 20% dan konsentrat 10%.

Cara membuatnya yaitu daun pepaya dipotong halus atau dijemur sampai kering kemudian direbus dengan air hingga matang, campur dengan katul yang telah ditumbuk dengan sedikit air matang dan diberikan pada ayam tersebut.

Setelah ayam mulai beranjak usia dewasa, pakan sudah bisa diberikan dalam bentuk pakan kasar seperti beras merah, gabah, jagung dan lain sebagainya. Namun jangan sampai lupa memberikan makanan tambahan atau suplemen untuk menunjang pertumbuhan badan serta menjaga perkembangan badan ayam tersebut.

Baca juga



Tahapan selanjutnya yaitu memadatkan atau mengerasakan badan ayam aduan.

Untuk memadatkan dan mengeraskan badan ayam aduan, agan membutuhkan tulang yang kuat untuk menopang otot - otot ayam nantinya. Jadi agan harus mengutamakan selalu pemberian pakan tinggi kalsium, magnesium, fosfor, dan zat besi untuk pertumbuhan tulang ayam aduan.

Jika ayam bangkok agan sudah memasuki umur 6 bulan keatas, agan bisa mengganti kalsium dengan minyak zaitun. Karena minyak zaitun dapat menebalkan tulang ayam bangkok bahkan yang sudah dewasa. Sedangkan kalsium hanya untuk ayam yang belum dewasa saja.

Setelah memperhatikan tulang, selanjutnya agan harus mulai membesarkan otot ayam bangkok agan dengan memberikan banyak asupan protein pada pakan yang anda berikan pada ayam bangkok anda. Contohnya : Tepung ikan, beras merah, alpukat, ikan lele dan sebagainya.

Jika agan sudah memberikan banyak makanan yang tinggi protein selanjutnya agan hanya perlu melatih ayam bangkok aduan dengan rutin. Latihan yang dibutuhkan adalah latihan berlari, latihan melompat, dan latihan bertarung / sparing dengan ayam bangkok sebaya.

Selain melatih agan juga perlu melakukan stretching pada ayam aduan tersebut setiap harinya dengan menarik - narik tubuh, kaki, sayap dan leher ayam aduan secara perlahan. Kemudian agan juga bisa memandikan dan menjemur ayam bangkok dipagi hari secara rutin untuk membuat ayam lebih segar dan sehat.

Dengan memberikan latihan scara rutin seperti diatas, maka badan ayam akan mengeras dan ototnya akan terbentuk dengan baik. Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel diatas. Mohon maaf bilamana ada kesalahan dan Salam satu hobi. Kunjungi juga http://bangkokterbaik.blogspot.com untuk menambah wawasan tentang cara merawat, mengobati dan juga ciri fisik ayam bangkok aduan berkualitas.

0 Response to "Cara membesarkan dan memadatkan badan ayam bangkok"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel