Cara Alami Mengobati Penyakit Tetelo Pada Ayam Aduan


Cara alami mengobati penyakit tetelo pada ayam aduan - Penyakit tetelo adalah salah satu jenis penyakit pada ayam aduan yang paling berbahaya setelah virus flu burung. Sampai saat ini di daerah indonesia masih banya yang belum terbebas dari penyakin jenis ini. Penyakit ini banyak mendatangkan kerugian yang signitifikan untuk para peternak ayam, dikarenakan 80–100% dari ayam yang menderita penyakit ini akan mengalami kematian. Penyakit tetelo ini dapat menyerang ayam baik itu masih berusia muda maupun dewasa. Biasanya banyak menyerang pada masa pancaroba atau musim kemarau menuju musim hujan.

 Cara alami mengobati penyakit tetelo pada ayam aduan

Penyakit tetelo ini dapat menular lewat ludah, makanan dan minuman. Penularan juga dapat melalui udara sehingga penyakit ini dapat menular dan menyebar ke mana mana. Gejala pertama yang dialami oleh ayam aduan yang terserang penyakit tetelo adalah berak encer putih setengah bagian, dan sebagiannya lagi berwarna hijau.

Ayam aduan bangkok yang mengalami hal demikian harus memperoleh perlakuan lebih. Yaitu dengan perlambat terjadinya beberapa gejala tetelo yang kronis, sehingga tanda akut seperti leher terpuntir atau kelumpuhan tidak berlangsung, tidak terjedi.

Dan dikarenakan sampai saat ini belum ada obat medis yang teebukti manjur atau dapat mengobati penyakit tetelo pada ayam aduan. Maka tanaman herbal adalah salah satu obat penyembuh tetelo yang di rekomendasikan.

Berikut adalah beberapa resep yang bisa anda gunakan dalam menyembuhkan ayam kesayangan agan yang terkena penyakit tetelo.

- Bawang Merah atau Bawang Putih dengan tunggal tidak dapat mengobati penyakit tetelo. Namun kombinasi ramuan Kunyit 1 cm, Kencur 1/2 cm, serta Bawang Putih tiap-tiap 3 x dalam satu minggu bisa menghindar penyakit tetelo (bukanlah menyembuhkan, namun untuk menghindar sebelumnya terserang penyakit tetelo).

- Perasan daun Pepaya dengan tunggal berdasar pada pengalaman tidak bisa mengobati penyakit tetelo. Namun berdasar pada informasi dari BPP Nanggulan Yogyakarta, kalau kombinasi ramuan Kunyit, Bawang Putih serta daun Pepaya yang didapatkan dengan teratur bisa menghindar penyakit flu Burung. Bila dapat menghindar flu Burung jadi dapat juga menghindar penyakit tetelo, karna ke-2 penyakit itu keduanya sama penyakit infeksi viral yang disebabkan oleh virus.

- Pemakaian antiseptik/desinfektan alami yakni Daun Sirih (bukanlah batang sereh untuk memasak), nyatanya dapat mengobati 3 ekor Ayam aduan dewasa yang baru terserang penyakit tetelo, namun belum juga sempat dipraktekkan pada Ayam aduan yang telah terserang penyakit tetelo yang kronis.

- Obat penyakit tetelo yang paling ampuh yang sempat dicoba yaitu kombinasi sebagian tanaman obat dari rimpang Kunyit Putih, daun Sirih Merah, Sambiloto, Temu Kunci. Satu diantara tanaman obat ini baiknya mesti ada saat buat ramuan obat untuk penyakit tetelo.

- 3 tipe yang sempat dicoba yaitu kombinasi Sirih Merah, Sambiloto, serta Temu Kunci begitu ampuh. Ramuan yang lain bagus juga yaitu kombinasi Kunyit Putih, Temu Kunci, Sirih hijau, daun Pepaya, serta Kunyit umum.

- Kunyit Putih, Sambiloto serta Sirih Merah adalah antikanker, antiinflamasi, anti radang yang banyak dipakai untuk obat kanker. Riset IPB, Balitro, serta publikasi media banyak tunjukkan keampuhan tanaman obat itu untuk kanker dan untuk flu burung (juga penyakit tetelo).

Dan demikian sedikit informasi dari saya mengenai tata cara mengobati penyakit tetelo pada ayam aduan. Semoga dapat bermanfaat buat agan semuanya. Terimakasih sudah menyempatkan waktu untuk membaca artikel diatas dan salam satu hobi. Kunjungi juga http://bangkokterbaik.blogspot.com untuk membaca artikel menarik lainnya.

0 Response to "Cara Alami Mengobati Penyakit Tetelo Pada Ayam Aduan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel