Tips Sukses Dan Rahasia Ternak Ayam Bangkok Aduan


Tips sukses dan rahasia ternak ayam bangkok aduan - Pada artikel kali ini saya akan memberikan tips sukses dan rahasia ternak ayam bangkok aduan yang mudah diaplikasikan oleh botoh pemula. Namut semua itu tidaklah mudah dan membutuhkan keseriusan juga ketelatenan. Untuk agan yang ingin mengetahui tentang tips beternak ayam aduan, Simak artikel lengkapnya dibawah ini.


Dalam proses pembudidayaan atau cara merawat ayam bangkok ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar menghasilkan ayam bangkok yang super dan berkualitas serta memiliki nilai jual yang tergolong tinggi.


Berikut merupakan penjelasan lengkap mengenai cara merawat ayam bangkok yang sangat mudah  dilakukan dan juga menguntungkan:


 Tips sukses dan rahasia ternak ayam bangkok aduan


1.Pemilihan indukan ayam aduan

Pilih induk pejantan dan betina yang sehat, tidak cacat gesit dan memiliki gerakan lincah, memiliki tubuh yang tegak dan gagah, memiliki warna bulu yang bagus, udah memiliki nafsu untuk kawin. Dan yang paling penting adalah melakukan seleksi genetik atau asal usul calon indukan ayam bangkok saat membeli agar menghasilkan keturunan yang bagus dan memiliki nilai jual tinggi.

Bagi indukan jantan, pilihlah yang memiliki suara lantang, usahakan pilih indukan jantan dengan umur antar 1 sampa 2.5 tahun serta bertaji, dan indukan betina pilihlah rentang umur antara 7 – 8 bulan, pemilihan lokasi kandang pilihlah lokasi kandang yang dekat serta memiliki sumber air bersih, usahakan kandang dapat menerima sinar matahari secara langsung, buat kandang dengan asupan energi listrik yang baik dan sangat memadai, pilih lokasi yang memungkinkan jika suatu saat akan ada perluasan ataupun tambahan – tambahan unit lain, kemudahan dalam akses tranportasi. Misalnya untuk memenuhi kebutuhan pakanUsahakan jarak kandang dengan pemukimaan minimal 100 meter, agar tidak menimbulkan gangguan atau masalah di pemukiman usahakan lokasi kandang ayam bangkok memiliki udara segar.

Baca juga


Tips sukses dan rahasia ternak ayam bangkok aduan selanjutnya adalah dengan mengelompokan ayam tersebut berdasarkan tingkatan umur.

Tingkatan umur dalam pemeliharaan dan ternak ayam bangkok sangat penting untuk diketahui khususnya untuk pemisahan atau pengaturan kandang dan pemberian pakan ayam.

Berdasar umurnya ayam bangkok dibedakan menjadi 4 yaitu:

Ayam anakan

Ayam anakan yaitu ayam yang berumur 0 sampai 6 minggu.


Anak ayam
Anak ayam memiliki umur yang lebih tua dari anakan ayam, yaitu berkisar antara 6 sampai 12 minggu.

Ayam muda
Ayam ini memiliki rentang umur antara 12 sampai 16 minggu.

Ayam dewasa
Ayam dewasa merupakan ayam yang memiliki umur 18 sampai 68 minggu.

Pembuatan kandang ayam bangkok yang ideal.

Bagi ayam petarung atau ayam bangkok, kandang bukan saja sebagai tempat untuk makan dan tidur saja, melainkan juga sebagai tempat untuk menjaga kondisi fisik ayam itu sendiri. Maka dari itu dalam proses pembuatan kandang ayam tidak bisa asal – asalan dan sebisa mungkin buat ayam merasa nyaman berada di tempat tersebut.


Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan kandang ayam petarung ini, berikut penjelasannya.

Bahan baku pembuatan kandang ayam bangkok


Kandang ayam bangkok memang tidak bisa sembarangan dalam pembuatannya, tetapi bukan berarti harus menggunakan bahan – bahan yang mahal. Kandang ayam bangkok dapat dibuat menggunakan papan kayu, bambu, atau bisa juga dengan menggunakan kikisan rotan.


Buatlah kandang ayam selayaknya saja, karena nantinya ayam akan dipisah – pisah sesuai tingkatan umur untuk memudahkan dalam pemeliharaan, selain itu jenis ayam bangkok cenderung galak dan mudah untuk bertarung.

Kandang ayam dewasa sebaiknya dibuat rongga pada bagian bawah agar kotoran ayam bisa langsung jatuh dan memudahkan dalam pembersihan kandang. Sedangkan untuk ayam yang masih berumur di bawah 3 bulan, sebaiknya tidak dibuat rongga karena akan membahayakan keselamatan ayam seperti terjepit.

Ukuran kandang ayam bangkok

Ukuran kandang yang memenuhi syarat sangat dibutuhkan agar ayam tidak stres dan menimbulkan beberapa penyakit yang dapat mengganggu kesehatan serta kualitas dari ayam itu sendiri. Berikut merupakan penjelasan ukuran kandang ayam yang ideal:

Ayam anakan

Ayam pada umur ini idealnya memiliki kandang dengan ukuran 100 cm x 50 cm x 20 cm dengan jumlah 20 ayam

Anak ayam

Kandang yang dibutuhkan oleh anak ayam bangkok yaitu 100 cm x 100 cm x 40 cm dengan jumlah anak ayam bangkok 30 ekor

Ayam muda

Kandang yang baik untuk ayam usia 12 sampai 16 minggu ini adalah 100 cm x 100 cm x 60 cm dengan jumlah ayam 15 ekor

Ayam bangkok dewasa


Untuk ayam bangkok dewasa kandang biasanya dibuat khusus untuk 1 ekor ayam, yaitu dengan ukuran 30 cm x 30 cm x cm


Perlengkapan kandang ayam bangkok

Ternak ayam bangkok jika dilakukan secara intensif atau ayam yang selalu berada di kandang maka kelengkapan dalam kandang menjadi sangat penting dan harus benar – benar di perhatikan seperti tempat makan, tempat minum, dan lampu untuk penerangan serta menghangatkan ruangan.

Contoh desain kandang yang baik untuk ayam aduan berkualitas, klik disini.

Pemberian pakan ayam bangkok berdasarkan tingkatan umur


 Tips sukses dan rahasia ternak ayam bangkok aduan


Pemberian pakan ayam yang berumur di bawah 3 bulan



Anak ayam bangkok yang berumur di bawah 3 bulan akan mengalami pertumbuhan sistem gerak yang signifikan, sehingga pemberian pakan harus diperhatikan, pilihlah vour atau pakan yang mengandung kalsium tinggi serta protein.


Pemberian pur pada anak ayam bangkok dapat dilakukan secara langsung atau bisa juga menggunakan air hangat yang dicampur dengan bekatul, tetapi untuk hal ini kebersihan tempat makan ayam harus dijaga, Karena kondisi yang lembab pada tempat makan ayam akan mengakibatkan pertumbuhan jamur yang dapat meracuni ayam.

Pemberian pakan ayam yang berumur 3 – 6 bulan


Ayam bangkok pada umur ini tidak hanya membutuhkan kalsium dan protein saja, tetapi juga membutuhkan karbohidrat dan lemak untuk pertumbuhan otot dan daging.


Jenis pakan ayam bangkok yang cocok pada umur ini yaitu pur yang teksturnya agak kasar di campur dengan nasi. Jika ayam sudah mendekati umur 6 bulan maka komposisi nasi bisa ditambah lebih banyak lagi.

Pemberian pakan ayam yang berumur di atas 6 bulan


Menjelang usia dewasa ayam bangkok sudah bisa diberikan makanan yang lebih keras lagi seperti jenis ayam pada umumnya. Tetapi Anda juga harus memperhatikan jenis ayam bangkok, jika ayam bangkok jenis pukul maka jagung dan dedak merupakan makanan yang paling baik untuk diberikan. Tetapi jika ayam bangkok jenis jalu maka makanan yang cocok yaitu beras merah, gabah, atau konsentrat.


Selain pakan yang memenuhi nutrisi bagi ayam, ketersediaan air minum juga sangat penting untuk pertumbuhan ayam. Air minum sebaiknya disediakan dalam jumlah yang banyak atau tidak terbatas, tetapi juga harus diganti setiap hari untuk menjaga kesegaran dan kebersihannya. Agar ayam cepat tumbuh dan berkembang, tambahkan vitamin atau suplemen ke dalam air minumnya.

Baca juga


Demikianlah artikel tentang tips sukses dan rahasia ternak ayam bangkok yang sederhana dan sangat mudah dilakukan. Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel diatas. Semoga bermanfaat. Kunjungi http://bangkokterbaik.blogspot.com untuk membaca artikel menarik lainnya. Salam satu hobi.

0 Response to "Tips Sukses Dan Rahasia Ternak Ayam Bangkok Aduan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel