Penyebab Serta Pencegahan Terjadinya Kematian Mendadak Pada Ayam Aduan


Dalam membudidaya ayam aduan, ada salah satu kasus yang sangat merugikan peternak yaitu terjadinya kematian mendadak pada ayam aduan bahkan mati mendadak secara masal. Hal tersebut sudah sering terjadi di kalangan penghobi ayam aduan. Namun tak sedikit penghobi ayam aduan yang masih kebingungan tentang apa yang menyebabkan terjadinya kematian mendadak pada ayam tersebut.

Dibawah ini adalah penyebab terjadinya kematian mendadak pada ayam aduan:

 Penyebab serta pencegahan terjadinya kematian mendadak pada ayam aduan


Penyakit ini sering menyerang ayam pada pergantian musim dari musim kemarau ke musim hujan dan sebaliknya. Salah satu penyakit yang memiliki angka kematian yang cukup tinggi serta penularan yang sangat cepat adalah penyakit tetelo. Jika penyakit tersebut sudah menyerang ayam aduan kita. Maka ayam kita akan mati. Karena tidak ada obat pasti yang terbukti manjur untuk mengatasi penyakit tersebut.

Selain penyebab di atas. Penyebab ayam aduan agan tiba tiba mati masal dengan cara mendadak juga dapat disebabkan oleh flu burung. Jika sebelumnya agan mempunyai tanda tanga seperti jengger berwarna biru, ada bintik merah pada kaki, diare dan juga keluar cairan kental dari rongga mulut ayam tersebut. Bosa jadi ayam aduan agan terserang penyakit flu burung.

Di bawah ini adalah cara untuk mencegah terjadinya kematian mendadak pada ayam aduan:

Cara pencegahan agar ayam aduan agan terhindar dari penyakit yang mematikan adalah dengan cara melakukan vaksinasi. Hal tersebut akan mengurangi resiko kematian akibat penularan virus. Jadi jika ada satu ayam aduan yang tiba tiba mati mendadak atau memiliki penyakit dengan ciri ciri ayam lemas seperti mengantuk, pucat, keluar cairan dari hidung dan mulut, kotoran berwarna hijau atau putih dan sebagainnya. Maka sebaiknya agan langsung jual ayam atau lakukan penyemprotan vaksin pada ayam aduan yang mesih sehat sebelum terlambat.

Perhatikan juga kebersihan kandang dan tempat minum juga tempat pakan. Serta selalu bersihkan kotoran ayam pada area sekitar kandang secara rutin. Karena kotoran ayam yang menumpuk akan menjadikan kelembaban yang mengakibatkan bakteri mudah tumbuh dan menyerang ayam aduan kesayangan kita.

Demikianlah ulasan mengenai penyabab ayam aduan mati mendadak serta cara mencegahnya. Semoga sedikit informasi diatas dapat bermanfaat buat agan. Kunjungi juga http://bangkokterbaik.blogspot.com untuk membaca artikel menarik lainnya. Terimakasih audah meluangkan waktu untuk membaca artikel diatas dan salam satu hobi.

0 Response to "Penyebab Serta Pencegahan Terjadinya Kematian Mendadak Pada Ayam Aduan "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel