Jika Telapak Kaki Ayam Agan Bubulan, Berikut Cara Mengobatinnya


Sedikit luka pada telapak kaki ayam khususnya ayam bangkok aduan, jika alas kandang dipenuhi oleh kotoran ayam, maka akan ada bakteri yang masuk ke dalam telapak kaki ayam yang luka. Dan bukan tidak mungkin jika telapak kaki ayam bangkok agan akan menjadi bubulan. Benjolan bubul di kaki ayam ini akan mengganggu aktivitas ayam seperti berjalan, saat diadu dll.

Nah, jika telapak kaki ayam agan bubulan, berikut cara mengobatinnya. Untuk cara pengobatannya simak beberapa tips dibawah, sebagai berikut:


 Cara mengobati penyakit bubulan pada kaki ayam aduan

Yang pertama untuk mengobati bubulan pada ayam menggunakan obat kutil Colomac. Tetapi sebelumnya bersihkan dulu kaki yang terkena bubul, basuh dengan alkohol. Oleskan colomac dan tutup luka dengan plester. Jaga kebersihan kaki yang terkena bubul, berikan alas kandang yang empuk seperti jerami.


Yang kedua menggunakan Koyo Cabe. Bersihkan terlebih dahulu sebelum ditempel koyo cabe. Ganti koyo cabe setiap 3 hari sekali.

Yang ketiga menggunakan paku yang di bakar. Gunakan paku seukuran mata bubul lalu panaskan sampai benar-benar panas. Tempelkan paku panas pada mata bubul (jangan sampai terkena bagian yg sehat). Lakukan pengobatan sampai sembuh.

Yang ke empat menggunakan kanterpain. Bersihkan dan keringkan kaki yang terkena bubul. oleskan kanterpain pada bubul dan tahan sampai kering kurang lebih 5 menit. Lepaskan ayam pada alas kandang yang bersih dengan alas karung atau karpet.

Demikianlah sedikit tips dari saya tentang cara mengobati penyakit bubulan pada telapak kaki ayam bangkok aduan. Semoga artikel diatas dapat bermanfaat dan dapat di unakan untuk mengobati ayam kesayangan agan. Gulir kebawah untuk membaca artikel menarik lainnya. Salam satu hobi.

0 Response to "Jika Telapak Kaki Ayam Agan Bubulan, Berikut Cara Mengobatinnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel