Cara Beternak Ayam Bangkok Aduan Khusus Pemula


Tips beternak ayam bangkok aduan khusus pemula - Pada artikel kali ini saya akan mengulas sedikit informasi tentang cara beternak ayam aduan khusus pemula untuk mencetak bibit unggul anak ayam aduan berkualitas. Sebenarnya beternak ayam aduan tidak terlalu sulit, jikalau kita sudah memahami tata cara budidaya ternak unggas dengan baik dan benar. Karena pada dasarnya tidak ada kata sulit jika kita mau belajar.

Untuk agan yang ingin memulai usaha ternak ayam aduan, silahkan simak ulasan selengkapnya dibawah ini:

 Cara beternak ayam aduan khusus pemula

1. Hal pertama yang harus dilakukan sebelum memulai ternak ayam aduan adalah mencari induk babon dan pejantan berketurunan dan memiliki tehnik bertarung selayaknya ayam bangkok aduan juara. Untuk mengetahui hal tersebut kita bisa mencoba kualitas pejantan dan indukan dengan cara diabar atau jajal tarung.

2. Setelah kita memperoleh induk pejantan dan betina, Kita bisa langsung mengawinkan induk - induk tersebut. Dengan cara dikawinkan secara alami ataupun dengan cara dipaksa atau didodokan.

Dikutip dari artikel tetangga:
  • Berdasar pengalaman seseorang selama 12 tahun beternak ayam bangkok. Perkawinan dua induk ayam bangkok yang dipaksa, kebanyakan menghasilakan anakan ayam aduan yang memiliki sifat - sifat yang sangat jauh dari induk jantan dan induk betina. Dan anakan ayam bangkok dari hasil perkawinan alami, Hasil anakannya lebih dominan menyerupai induk jantan dan induk betina.

3. sesaat setelah induk ayam betina bertelur, usahakan menyediakan tempat yang aman dan terjaga kebersihannya, agar terhindar dari berbagai serangan penyakit. Karena pada dasarnya ayam aduan sangat mudah terserang bakteri.

4. Setelah telur - telur menetas, sesegera mungkin dipindahkan kedalam boks atau kardus yang diberi lampu 5watt merek ciyoda. Seperti gambar dibawah ini.

 Cara beternak ayam aduan khusus pemula

5. Setelah selang 1 hari berikan pakan berupa vour 591. Sebelumnya haluskan terlebih dahulu. jangan lupa tempat minum anakan ayam tersebut harus selalu tersedia air. Agan bisa mencampurnya dengan vitachick.

6. Untuk pemberian pakan vour 591 dari umur 1hari - 30bulan. Berikan pakan tambahan berupa kalk (kalsium laktat). Untuk memaksimalkan pertumbuhan anakan ayam aduan, khususnya tulangan. Dan pemberiannya cukup 1minggu sekali.

7. Setelah anakan ayam aduan menginjak usia 3bulan, biasanya anakan ayam tersebut sudah menunjukan bakatnya. Agan bisa melakukan pemisahan pada anakan ayam tersebut dengan cara klik disini. Namun jika tujuan beternak hanya untuk memperbanyak ayam aduan saja, maka penyortiran tidak perlu di lakukan.

8. Dan untuk ayam aduan usia 3bulan - 6bulan, agan bisa memberikan pakan berupa vour 594 + bekatul + jagung/ nasi. Dan setelah menginjak umur 6bulan lebih, ganti pakan ayam berupa vour 594 + beras merah 1 : 1. Dan selanjutnya agan bisa jajal tarung untuk melihat kualitas ternakan ayam aduan agan sendiri.

Dan demikianlah sedikit informasi kali ini mengenai cara beternak ayam aduan khusus pemula. Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca dan semoga bermanfaat serta menambah pengetahuan agan - agan semuanya. Kunjungi juga www.bangkokterbaik.online untuk membaca artikel menarik lainnya. Dan salam satu hobi.


0 Response to "Cara Beternak Ayam Bangkok Aduan Khusus Pemula"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel