Tips Menciptakan Ayam Aduan Memiliki Tulangan Yang Tebal


Tips menciptakan ayam aduan memiliki tulangan yang tebal - Dalam sebuah laga sabung seekor ayam aduan yang memiliki tulangan yang lebih tebal, besar dan juga kuat akan lebih berdominan memenangkan pertandingan. Untuk ayam aduan bisa memiliki tulangan sedemikian rupa, selain terlahir dari kedua indukan yang memiliki postur badan ideal. Tentunya bisa dilakukan dengan perawatan dan latihan yang lebih intensif.

Untuk menciptakan tulangan yang tebal pada ayam aduan. Hal pertama yang perlu kita diperhatikan adalah pakan serta asupan gizinya tercukupi. Dan harus diperhatikan secara seksama karena akan sangat menentukan. Sejak usia ayam 1 hari, demi mendapatkan ayam aduan dengan tulangan yang tebal dan kokoh. Berilah makanan pabrikan yang mengandung banyak campuran bahan yang baik untuk pertumbuhan anakan ayam aduan. Dan saya biasanya menggunakan vour 591. Untuk ayam usia kurang 2minggu sebaiknya vour di haluskan terlebih dahulu sebelum diberikan.

 Tips menciptakan ayam aduan memiliki tulangan yang tebal


Untuk merangsang pertumbuhan tulang agan bisa memberikan kalk. Cara pemberiannya.
  • Untuk usia 2 minggu-2bulan larutkan 1butir KALK kedalam wadah minum ukuran 1liter.
  • untuk 5-10 ekor cukup seminggu sekali.
  • setelah usia diatas 2 bulan - 4 bln berikan masing2 anakan ¼ bagian seminggu sekali.
  • setelah usia 5-7bln keatas berikan ½ butir KALK.

Untuk pemberian pakan vour 591 jangan sampai dihentikan hingga usia ayam aduan kurang lebih 3 bulan. Dan makanan yang baik untuk menunjang pertumbuhan tulang setelah anakan ayam menginjak umur 3 bulan keatas adalah voer 594 yang dicampur dengan bekatul, jagung selep, atau sesekali bisa juga ditambah dengan nasi. Agan bisa memberikan makanan tersebut sampai bulu remajanya tuntas, kurang lebih 7 bulan. dan setelah itu ayam diberi pakan berupa voer 594 yang dicampur dengan beras merah, secara bertahap dan kemudian diberikan pakan full beras merah. Jika ayam aduan agan tipe pukul (prongkol). Ada baiknya sesekali agan memberikan pakan campuran berupa beras merah + jagung.

Adapun perawatan yang harus dilakukan selain pemberian pakan dan gizi tercukupi, antara lain:

Untuk menciptakan tulangan tebal dan kokoh pada ayam aduan, lepaskan anakan ayam aduan setiap paginya, kurang lebih 20 sampai 30 mnt. Hal tersebut guna mendapatkan paparan sinar matahari. Karena sinar matahari memiliki kandungan vitamin D yang sangat baik untuk memperkuat tulang. Oleh karena itu ada baiknya agan mengumbar anakan ayam di halaman antara pukul 6 – 8 pagi. Selain mengumbar dihalaman agan juga bisa menjemur anakan ayam aduan didalam kandang. Jangan lupa sediakan minum dan cuacanya jangan terlalu panas.

Tips tambahan dari tetangga sebelah.
Untuk menciptakan pertumbuha tulangan yang ideal bagi ayam aduan, otot ayam tanpa lemak, dan tulang yang sempurna hendaknya agan membuat pakan ayam energi rendah, dan protein yang tidak terlalu tinggi untuk pemberian ayam mulai umur 2-10bln. Untuk resep bisa dengan mencampurkan 60% pakan grower atau bisa diganti dengan voer Tulang dan 30% bekatul dan tambahkan garam 0,5% dan mineral 3% dari jumlah katul dan juga tambahkan tepung, daun singkong sebanyak 10% yang ditumbuk. Daun singkong memiliki banyak kandungan protein nabati yang berguna sebagai unsur pembangunan sel tubuh. selain itu, asam amino yang terkandung di dalamnya juga berguna sebagai pengubah karbohidrat menjadi energi. asam amino di dalam daun hijau tersebut juga bermanfaat untuk membercepat pemulihan luka pada ayam aduan.

Dan demikianlah sedikit informasi yang dapat saya sajikan mengenai tips menciptakan ayam aduan memiliki tulangan yang tebal. Terimakasih sudah membaca dan semoga bermanfaat. Kunjungi juga www.bangkokterbaik.online untuk membaca artikel menarik lainnya. Dan salam satu hobi.

0 Response to "Tips Menciptakan Ayam Aduan Memiliki Tulangan Yang Tebal"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel