Cara Melihat Kualitas Pukulan Ayam Aduan Saat Bertarung


Cara melihat kualitas pukulan ayam aduan saat bertarung - Pada kesempatan kali ini saya akan membahas sedikit informasi tentang pukulan ayam petarung. Seperti yang kita ketahui bahwa pukulan adalah senjata utama bagi ayam aduan. Adapun pukulan yang lembek dan juga mematikan, memiliki akurasi pukulan yang baik dan juga ada yang hanya sekedar memukul. Untuk botoh berpengalaman mungking sangat mudah untuk membedakan antara pukulan lembek, mematikan, akurat dan juga hanya sekedar memukul. Namun, untuk pemula mungkin masih ada yang belum memahaminya.

Dan dibawah ini adalah cara melihat kualitas pukulan ayam bangkok aduan saat bertarung/ diadu, antara lain adalah sebagai berikut.

 Cara melihat kualitas pukulan ayam bangkok saat diadu

Sasaran Pukulan

Pada umumnya sasaran pukulan ayam aduan mengarah kebagian kepala dan leher lawan. Untuk beberapa menit pertama saat mulai abaran, terkadang ayam memukul di bagian dada dan bahu, selanjutnya adalah pada bagian kepala dan leher atas.  Hanya ada sedikit ayam bangkok yang memukul di bagian dada, punggung, sayap, pinggang dan perut.  Yang bagus dan paling umum dipilih adalah ayam bangkok yang memukul di bagian kepala dan leher atas secara konsisten.  Bagian kepala bisa mengenai muka, mata ataupun syaraf di kepala belakang. Bagian leher juga bisa membuat ayam keok jika kena pukulan telak terutama jika leher lawan kurang kuat.

Akurasi Pukulan

Akurasi pukulan adalah ketepatan pukulan ayam mengenai sasaran. Seperti contoh pukulan yang tepat mengenai atik-atit, mata, telinga atau dibagian vital lainnya. Akurasi pukulan terkadang tidak tepat jika lawan yang dihadapi selalu bergerak dan tidak mau diam. Namun, jika ayam tersebut memiliki kualitas yang baik dalam bertarung, tetap saja ayam lawan akan terkena pukulan. Terkecuali, ayam lawan memang super istemewa.

Arah pukulan

Pada beberapa menit pertama abar, ayam selalu memukul dari depan. Tetapi menit berikutnya, ayam juga bisa memukul dari samping dan belakang, tergantung pola atau kebiasaanya. Sebagian ayam ada yang bisa memukul dari depan atau serong saja. Dan sebaliknya, adapun ayam aduan yang lebih banyak memukul dari samping dan belakang. Dan arah pukulan ayam aduan yang baik atau berkualitas adalah jika pukulan dari depan mengarah ke kepala, paruh, pasung, jika pukulan dari samping /malang mengarah kekuping, atik-atik, leher, mata, dan jika pukulan dari belakang mengarah ke ubun-ubun. 

Jumlah Pukulan

Jumlah pukulan ayam bangkok yang sering ditemui adalah satu kali pukul dalam setiap gebrakan. Namun, ada sebagian ayam bangkok aduan yang bisa memukul secara beruntun, seperti 2 - 3 kali secara beruntun, terutama saat stamina masih bagus. Jumlah pukulan yang dilepaskan juga tergantung dari kebiasannya mematuk. Ada yang mematuk cukup lama, atau mematuk hingga kencang, baru kemudian kemudian bisa melepaskan pukulan.  Tetapi ada juga yang bisa memukul segera sesaat setelah mematuk, bahasa jawanya (tempel pukul). Ayam aduan yang segera memukul setelah mematuk akan lebih memiliki peluang lebih banyak melakukan pukulan, sehingga mempunyai nilai tinggi untuk meraih kemenangan dalam sebuah pertandingan.

Jarak Pukulan

Posisi atau jarak ayam petarung dengan lawannya bisa jauh/ renggang ataupun dekat/ rapat. Ada sebagian ayam petarung yang selalu menjaga jarak agar jauh dari lawannya untuk bisa memukul dengan baik, dan sebaliknya ada yang sengaja merapat agar dapat memukul lawannya. Ayam pun punya teknik tersendiri. Dan jarak memukul yang baik adalah dengan jarak dekat dengan cara ngunci (ngalung), mesuk kesela-sela sayap dan juga mbakot (mematuk punggung untuk melepaskan pukulan).

Pukulan mematikan

Untuk pukulan keras dan juga mematikan ini hampir sebagian besar penghobi ayam aduan berpedoman pada katuranggan sisik kaki ayam tersebut. Pukulan mematikan menurut saya pukulan keras yang mengarah ke pangkal sayap lawan, yang memiliki evek terganggunya kepakan sayap lawan, sehingga pukulan ayam lawan berkurang, dalam bahasa jawa (ora munggah). Selanjutnya pukulan bagian dada dan pangkal sayap yang terlalu sering diterima akan membuat ayam saat bertarung mendapat efek seperti sayap terkulai . badan menjadi agak membungkuk kedepan. sayap belakang diangkat -angkat . Yang terakhir pukulan dada di bagian tulang iga ayam akan terlihat terduduk dan lemas pada kasus tertentu ayam tidak bisa melanjutkan permainan lagi alias KO.

Pukulan Taji

Taji adalah senjata mematikan bagi ayam bangkok. Pukulan taji ayam bangkok yang masih muda atau taji belum panjang sulit diduga apakah nantinya akan memiliki evek atau tidak. Namun, pada umumnya ayam yang memiliki pukulan taji yang baik adalah tepat mengenai sasaran, seperti mengarah ke kepala bagian mata, kuping, pasung, atik-atik (bawah kuping) dan juga ubun-ubun (kepala bagian belakang).

Dan demikianlah artikel kali ini mengenai tata cara melihat kualitas pukulan ayam aduan saat bertarung. Terimakasih sudah membaca, semoga ulasan diatas bermanfaat buat agan dan juga menjadikan motifasi buat agan untuk mendapatkan ayam aduan berkualitas terbaik. Dan salam satu hobi.

0 Response to "Cara Melihat Kualitas Pukulan Ayam Aduan Saat Bertarung"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel