Cara Mengobati Cacing Mata Pada Ayam Petarung


Cara mengobati cacing mata pada ayam petarung - Penyakit cacing mata pada ayam biasanya disebabkan oleh cacing Oxyspirura mansoni, dimana cacing ini berpredeleksi pada mata dibawah membrana nictitans ayam, didalam kantung konjungtiva. Cara penularannya melalui lipas, alas yang basah dan berdebu, udara kotor di sekitar kandang, ayam tetangga pembawa virus yang mendekati kandang, bisa juga melalui lalat dan kecoa.

Adapun gejala-gejala adanya cacing pada mata ayam aduan, yang dimana ayam tersebut akan mengeluarkan air seperti berbusa. Pada infeksi berat terjadi radang konjungtiva, kekeruhan kornea, mata membengkak dan ditutupi oleh eksudat dan nanah. Pada keadaan yang melanjut ayam akan lemah, nafsu makan menurun dan ayam menjadi senor (rabun).

Untuk cara pengobati cacing mata pada ayam aduan, agan bisa simak ulasan berikut ini.

 Cara mengobati cacing mata pada ayam aduan

1. Mengobati cacing mata dengan daun sirih. Cara mengobatinya ambil 2-3 lembar daun sirih, tumbuk halus sampai mengeluarkan cairan agak sedikit kental, selanjutnya teteskan cairan tersebut ke mata ayam aduan kesayangan agan.

2. Mengobati cacing mata dengan eye chick. Cara penggunaan obat tetes mata dapat dilakukan dengan cara diteteskan secara langung pada mata ayam petarung kesayangan agan.

3. Mengobti cacing mata denga perasan air tembakau. Caranya mengobatinya ambil tembakau secukupnya, selanjutnya campur dengan air 1 : 1. Tunggu sampai air berubah warna dan terakhit teteskan pada mata ayam tersebut.

4. Jika agan sulit menemukan bahan-bahan diatas, agan bisa menggunakan obat tetes mata yang biasa di pakai manusia, seperti insto atau yang lainnya. Cara mengobatinya sama seperti yang diatas. Lakukan pengobatan secara rutin setiap pagi dan sore.

Dan demikianlah sedikit informasi mengenai tata cara mengobati cacing mata pada ayam bangkok aduan. Terimakasih sudah membaca artikel diatas dan semoga bermanfaat buat agan. Kunjungi juga www.bangkokterbaik.online untuk membaca artikel menarik lainnya. Dan salam satu hobi.

0 Response to "Cara Mengobati Cacing Mata Pada Ayam Petarung"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel