Cara Mengatasi Nafas Ayam Pendek Gampang Ngos Ngosan


Cara mengatasi nafas ayam pendek gampang ngos ngosan - Nafas merupakan faktor utama yang mendukung kualitas tehnik serta pukulan ayam bangkok aduan. Tanpa dibekali nafas yang panjang tidak mudah ngos-ngosan seekor ayam aduan pastinya tidak memiliki harapan lagi untuk meraih kemenangan dalam sebuah laga. Seperti yang kita ketahui bahwah ayam aduan yang memiliki nafas pendek akan sangat kesulitan untuk melakukan pergerakan, karena tidak memiliki cukup tenaga bahkan hanya sekedar untuk mengangkat sayapnya.

Seperti judul artikel diatas, kali ini saya akan memberikan sedikit tips dan informasi mengenai cara mengenai cara menciptakan nafas panjang pada ayam aduan, lebih tepatnya cara mengatasi nafas ayam pendek gampang ngos-ngosan, antara lain adalah sebagai berikut.

 Cara mengatasi nafas ayam pendek gampang ngos ngosan

Pada umumnya ayam bangkok aduan yang mempunyai nafas panjang/tidak mudah ngos-ngosan memiliki warna kulit kemerah-merahan. Hal tersebut disebabkan oleh peredaran darah yang bagus. Darah tersebut mampu mengikat oksigen lebih sempurna. Karena oksigen di dalam darah seekor ayam aduan adalah zat pembakar untuk menghasilkan energi dan stamina. Apabila kadar oksigen bisa diikat lebih maksimal oleh darah maka ayam aduan akan banyak mempunyai cadangan energi lebih baik saat bertarung dalam waktu 5 x 15menit.

Namun apabila kemampuan darah pengikat oksigen lebih sedikit, energi yang menjadi cadangan juga lebih sedikit, dan akan mengakibatkan oksigen dalam darah hingga jantung lebih cepat berdenyut makin cepat untuk mengambil oksigen. Hal tersebut yang membuat nafas ayam menjadi gampang ngos-ngosan.

Langkah pertama yang harus ditempuh untuk mengatasi hal tersebut adalah berikan pakan pakan ayam aduan dengan pakan rendah lemak, hindari pemberian vour, jagung atau pakan lainnya yang mengandung lemak. Cukup diberi pakan berupa beras merah saja.

Selanjutnya lakukan penjemuran setiap hari mulai pukul 08:00 sampai selesai/ ayam sudah ngosngosan, sebelumnya mandikan si ayam terlebih dahulu. Setelah ayam terlihat ngos-ngosan selanjutnya tempatkan ayam aduan ke tempat yang teduh, tunggu 5-10 menit /setelah ayam aduan sudah tidak lagi terlihat ngos-ngosan sesegera berikan minum + tomat, untuk pemberian tomat bisa 3hari sekali.

Menjelang sore setelah pemberian pakan, agan bisa memberikan gula merah/ aren. Gula merah/ aren terpercaya dapat meningkatkan stamina ayam aduan. Agan juga bisa memberikan jamu-jamuan dengan bahan-bahan alami seperti kencur, lengkuas, merica, kunci dan telur bebek/ ayam kampung. Campurkan bahan-bahan tersebut menjadi satu kemudian lolohkan, pemberian jamu-jamuan minimal 1minggu sekali. Dan hentikan pemberian jumu-jamua seminggu sebelum ayam diadu.

Dan demikianlah akhir cerita diatas mengenai tips mengatasi nafas ayam pendek gampang ngos-ngosan. Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel diatas, semoga bermanfaat buat agan khususnya penghobi ayam aduan. Kunjungi juga www.bangkokterbaik.online untuk membaca artikel menarik lainnya. Dan salam satu hobi.

0 Response to "Cara Mengatasi Nafas Ayam Pendek Gampang Ngos Ngosan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel