Cara Menjadikan Ayam Aduan Lebih Agresif Dan Bermental Baja



Cara menjadikan ayam aduan lebih agresif dan bermental baja - Untuk membuat ayam bangkok aduan menjadi agresif, hal yang pertama harus diperhatikan adalah trah keturunan ayam aduan tersebut. Karena ayam berkualitas lahir dari induk yang memiliki keistimewaan. Untuk memilih indukan ayam laga, untuk induk pejantan belum pernah mengalami kekalahan dalam pertarungan, dan untuk induk betina harus memilih induk betina yang unggul dan tidak pernah terserang penyakit apapun.

Setelah sudah dipastikan ayam aduan dari trah keturunan indukan yang berkualitas, agan bisa menjadikan ayam aduan lebih agresif dan bermental baja dengan cara dibawah ini, adalah sebagai berikut.

 Cara membuat ayam aduan lebih agresif dan bermental baja

1. Pertama pastikan bahwa agan tidak mengawin silangkan ayam tersebut. Jika dikawinkan hal ini akan mengurangi mental dan juga kebugaran ayam. Usia ayam siap adu yaitu antara 1 sampai 2 tahun, dan pada tahun ke - 3 agan bisa menjadikan ayam sebagai pemacek atau induk pejantan untuk mengambil trah keturunannya. Atau lebih tepatnya saat ayam aduan melai mabung atau ganti bulu.

2. Perhatikan pemberian pakan untuk ayam aduan tersebut. Dalam hal merawat ayam aduan pakan adalah bagian paling utama yang harus diperhatikan. Seperti yang kita ketahui bahwa pakan ayam aduan berbeda dengan jenis ayam lainnya. Terdapat banyak sekali kombinasi pakan dan nutrisi yang harus terpenuhi. Pada umumnya pakan khusus ayam aduan yang biasa diberikan adalah jagung, beras merah, nasi putih, gabah, dan pakan utama tambahan lainnya.

3. Berikan pakan tambahan yang memiliki kandungan gizi tang cukup tinggi, karena pada dasarnta ayam aduan membutuhkan asupan gizi yang banyak, hal tersebut agar saat bertarung tidak kehabisan stamina. Adapun beberapa pakan tambahan yang dipercaya memiliki khasiat ampuh bagi ayam bangkok aduan. Seperti daging kambing, belut, jangkrik, bekicot dan masih banyak lagi.

4. Berikan pakan tambahan seperti buah dan sayur. Manfaat dari pemberian buah dan sayur sangat penting untuk meningkatkan kualitas bertarung ayam laga di arena. Selain memenuhi asupan nutrisi pada ayam aduan, buah dan sayur bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan serta meningkatkan kekebalan tubuh ayam terhadap penyakit. Agan bisa memberikan tomat, pisang, pepaya dan lain sebagainya.

5. Pemberian jamu-jamuan atau yang biasa di sebut racikan obat tradisional dengan istilah jamu ayam aduan. Jamu adalah ramuan yang terbuat dari bahan-bahan alami atau rempah-rempah pilihan. Pemahaman dan kepercayaan akan khasiat jamu untuk ayam aduan sudah diwariskan secara turun-temurun, jadi pemberian jamu ini sudah ada sejak zaman dahulu kala. Beberapa bahan yang bisa agan buat jamu diantaranya adalah telur ayam kampung, madu, gula merah, kunyit dan bahan lainnya.

6. Pemberian obat-obatan untuk meningkatkan mental ayam aduan dengan obat kimia atau yang biasa dikenal dengan sebutan doping. Saat ini pemakaian doping untuk ayam aduan sudah menjadi hal yang wajar dan umum di kalangan penghobi ayam aduan. Ada banyak sekali merk doping yang dijual di pasaran, baik itu doping ayam import maupun buatan dalam negeri. Doping memiliki efek yang instan dan sesaat sehingga banyak orang menggunakannya. Agan bisa mendapatkannya di toko unggas terdekat.

7. Pemberian atihan fisik pada ayam aduan guna membentuk otot serta melatih stamina ayam menjadi lebih kuat. Agan bisa memberikan latihan fisik pada saat pagi hari sebelum ayam tersebut dimandikan. Dengan senam ringan seperti memutar leher, sayap dan latihan lompatan mampu menguatkan otot ayam. Latihan ini tidak boleh sembarangan atau berlebihan dalam pelatihan fisik apapun, harus ekstra hati-hati dan juga sesuaikan durasi dengan kemampuan ayam aduan tersebut.

8. Melatih mental ayam aduan dengan pelatihan kliter. Caranya cukup sederhana, agan bisa menggunakan dua ekor ayam petarung, dan kemudian salah satu ayam dimasukkan ke dalam kurungan yang didobel (kurungan kecil dan kurungan besar). Selanjutnya biarkan ayam aduan yang dilatih berada di luar, dengan otomatis ayam yang berada di luar akan berusaha mencari celah untuk bertarung, dan akhirnya ayam yang diluar akan dipaksa berlari untuk mengelilingi kandang. Pemberian latihan kliter pertama sebaiknya cukup 5 menit, dan latihan selanjutnya bisa ditingkatkan lagi durasinya.

9. Yang terakhi adalah melakukan sparing atau yang biasa disebut dengan latihan abar atau jajal adu. Pemberian sparing pada ayam aduan guna untuk melatih dan juga menambah kualitas bertarung ayam aduan. Sparing sangat berguna untuk melatih otot, mental, dan juga pengalaman bertarung. Latihan abar ini hanya direkomendasikan bagi ayam yang sudah cukup umur, sehat dan dalam kondisi yang prima. Kesalahan dalam latihan abar bisa berdampak buruk bagi ayam, misalnya ayam bisa saja turun urat, hilang mental, bahkan bisa saja ayam menjadi cacat.

Dan demikian sedikit informasi diatas mengenai tata cara menjadikan ayam aduan agresif dan bermental baja. Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel diatas, semoga bermanfaat untuk agan-agan semuanya khususnya penghobi ayam aduan. Kunjungi juga www.bangkokterbaik.online untuk membaca artikel menarik lainnya. Dan salam satu hobi.

0 Response to "Cara Menjadikan Ayam Aduan Lebih Agresif Dan Bermental Baja"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel