Tips Memilih Ayam Bangkok Betina Untuk Di Jadikan Indukan


Tips memilih ayam bangkok betina untuk dijadikan indukan - Sebagian para penghobi ayam bangkok aduan, menentukan ayam bangkok betina yang berkualitas terbilang sangat sulit. Jikalau salah menentukan ayam betina yang berkualitas maka endingnya akan berpengaruh pada keturunan. Jadi dalam menentukan ayam bangkok betina tidak bisa sembarangan dalam memilih. Terdapat ciri-ciri khusus yang harus dipahami terlebih dahulu dari ayam bangkok betina tersebut, apakah ayam bangkok betina unggulan atau ayam bangkok betina cetak.

Adapun perbedaan dari ayam bangkok betina unggul dan ayam bangkok betina cetak, antara lain adalah sebagai berikut.

Ayam bangkok betina / Babon unggul

Ayam bangkok betina unggul adalah babon asli keturunan murni dari ayam bangkok.
  • Keuntungan dalam memilih ayam bangkok unggulan adalah karena dapat menghasilkan ayam bangkok yang lebih serupa dengan induk betina.
  • Bisa dikatakan anak ayam akan lebih mewarisi keturunan sang induk, baik itu dari segi fisik, stamina, gaya tarung, mental dan pukulan.
  • Babon unggulan memiliki ciri khusus yang dapat agan lihat dari silsiliah induk dengan struktur tulangan yang bagus.
Ayam bangkok betina / Babon cetak

Untuk melihat ciri khusus babon cetak adalah dengan cara mengamati hasil keturunan. Jika anak ayam yang dihasilkan lebih mewarisi sifat pejantan maka induk ayam tersebut ialah babon cetak. terdapat 3 jenis babon cetak, antara lain :
  • Babon cetak fisik dan teknik, yaitu menurunkan teknik dan ciri fisik dari pejantan kepada keturunanny.
  • Babon cetak fisik, yaitu lebih mayoritas menurunkan ciri fisik pejantan kepada keturunannya.
  • Babon cetak teknik, yaitu lebih mayoritas menuunkan teknik atau gaya tarung dari pejantan kepada keturunnanya.
Untuk memilih ayam bangkok betina untuk dijadikan indukan dapat dilihat dari ciri-ciri seperti dibawah ini, antara lain.

 Memilih indukan ayam aduan berkualitas

Kita bisa menentukan ayam bangkok betina berkualitas dari bentuk kepala, posisi mata, bentuk badan, bentuk kaki dan telur yang dihasilkan.

Kepala
Bentuk kepala ayam bangkok adalah menyerupai kepala ular. Babon ayam bangkok ini juga dapat menghasilkan ayam yang lebih bagus apa lagi dikawinkan dengan ayam pertarung sejati yang memiliki ciri-ciri ayam pertarung.

Posisi mata
Posisi mata ayam babon yang bagus adalah matanya yang lebih menjolok kedalam jika dibandingkan dengan alisnya.

Bentuk badan
Bentuk badan yang bagus memiliki tulangan badan yang lebih panjang dan juga bentuk badan yang menyerupai botol. Bila kita memegangnya serasa memegang botol.

Bentuk Kaki
Dalam menentukan bentuk kaki, Babon yang bagus memiliki sisik kaki yang kering dan jari yang panjang. Bila menghasilkan anak juga akan mendapatkan kaki yang hampir sama dengan indukannya.

Telur
Bila babon yang bagus biasanya menghasilkan telur paling banyak 4 atau 5 butir saja dalam masa bertelurnya. Akan tetapi babon yang menghasilkan telur yang banyak keturunan yang dihasilkan jarang dapat yang bagus.

Dan demikianlah artikel kali ini mengenai tips memilih ayam bangkok betina untuk dijadikan indukan. Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca sedikit informasi diatas dan semoga bermanfaat untuk agan-agan semuanya, khususnya penghobi ayam aduan. Kunjungi juga www.bangkokterbaik.online untuk membaca artikel menarik lainnya. Dan salam satu hobi.

0 Response to "Tips Memilih Ayam Bangkok Betina Untuk Di Jadikan Indukan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel