Cara Sederhana Merawat Ayam Petarung Setiap Harinya


Cara sederhana merawat ayam petarung setiap harinya - dalam dunia sabung ayam atau ayam laga, perawatan yang maksimal adalah kunci utama dalam meraih kemenangan. Merawat ayam petarung setiap harinya adalah hal yang harus dilakukan oleh penghobi atau pecinta ayam laga. Tata caranya pun berbeda dengan ayam biasa, ayam bangkok petarung memerlukan perawatan secara khusus disetiap harinya. Tujuan dari perawatan tersebut supaya ayam bangkok petarung yang agan sayangi selalu berada dalam kondisi yang prima dan bisa terbebas dari gangguang penyakit.

Ada beberapa perawatan setiap harinya seperti memandikan, penjemuran, latihan, mengistirahatkan serta pemberian makanan dan suplemen perlu untuk agan lakukan setiap hari. jika agan bingung harus mulai dari mana untuk merawat ayam aduan, silahkan agan simak informasi selengkapnya mengenai tata cara merawat ayam petarung, dan lebih tepatnya perawatan sehari-hari untuk ayam aduan, antara lain adalah sebagai berikut.


1. Olah Raga Pagi
Ayam aduan petarung harus diberikan olahraga ringan seperti di umbar dipagi hari dalam halaman yang luas, atau dalam kandang 1m x 2m. Orah raga demikian guna untuk meregakan otot ayam petarung, terutama otot sayap dan juga kaki.

2. Mandi
Memandikan ayam aduan juga tidak kalah penting, agan bisa memandikan ayam setelah ayam petarung diumbar, antara pukul 07:00 sampai dengan 08:00. Tujuan dari memandikan sendiri supaya ayam bangkok agan selalu dalam keadaan sehat dan bersih. Untuk agan yang masih merasa pemula dalam masalah ini, maka belajarlah kepada para botoh di kampung agan tinggal, dan bertanyalah bagaimanakah caranya menandikan ayam bangkok secara benar. karena seorang penghobi ayam petarung harus bisa memandikan ayam petarung kesayangannya.

3. Jemur
Setelah proses memandikan ayam selesai, selanjutnya agan bisa menjemur ayam tersebut, dengan menggunakan kurungan kecil berukuran 70m persegi. Jemur selama kurang lebih 2 jam tergantung cuaca, atau sampai ayam petarung tersebut merasa ngos-ngosan. Setelah dirasa tahap penjemuran selesai, segera pindah ayam tersebut ketempat yang teduh. Jangan langsung diberi air minum, tunggu kurang lebih 15 menit sampai ayam berhenti ngos-ngosan dan therakhir berikan air minum + buah tomat.

2. Umbar
Setelah tahap menjemur ayam selesai, tempatkan ayam tersebut ke dalam kandang umbaran dengan ukuran 1m × 2m. Janganlah meletakkan ayam bangkok di dalam kurungan tertutup denan alas kayu, bambu atau yang lainnya, karena bisa membuat ayam petarung agan merasa tidak bebas untuk mengepakkan sayapnya yang masih basah. Letakkan ayam petarung agan pada kandang umbaran yang beralaskan kaki sampai sore hari.

3. Lari
Ada baiknya sesekali agan memberikan pelatihan lari untuk meningkatkan otot dan sayap kaki. Untuk pelatihan lari yang cukup sederhana adalah dengan cara kliter, lakukan 3hari sekali dan sesuaikan durasi dengan tenaga ayam aduan kesayangan agan. Untuk latihan kliter pertama cukup 5menit dan bertahap.

4. Istirahat
Setelah selama satu hari berada di dalam kandang umbaran/ diberikan pelatihan fisik, selanjutnya pada pukul kurang lebih jam 16:00, ayam agan sebaiknya segera dikandangkan. Berikan pakan dan minum sesuai dengan umurnya.

5. Suplemen
Ayam petarung selain memerlukan pakan dan minuman yang cukup juga memerlukan suplemen tambahan. Berikan multivitamin B kompleks dua hari sekali. Selain vit agan bisa memberikan gula merah (aren) sebagai suplemen alamj untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Dan demikianlah sedikit informasi dari saya mengenai cara sederhana merawat ayam petarung sehari-hari. Terimakasih untuk agan yang sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel diatas, semoga bermanfaat buat agan-agan semuanya, khususnya penghobi ayam bangkok aduan. Kunjungi juga www.bangkokterbaik.online untuk menambah wawasan tentang tips merawat, mengobati dan juga ciri fisik ayam bangkok petarung berkualitas. Dan salam satu hobi.

0 Response to "Cara Sederhana Merawat Ayam Petarung Setiap Harinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel