Kandungan Gizi Serta Manfaat Dedak Bekatul Untuk Ayam Laga


Kandungan gizi serta manfaat dedak bekatul untuk ayam laga - Dedak bakatul merupakan limbah hasil dari penggilingan padi, pada umumnya pakan berupa dedak bekatul sangat tidak diminati oleh beberapa penghobi ayam bangkok aduan. walaupun demikian kandungan gizi dalam dedak bekatul sangat banyak dan beraneka ragam, kandungan gizi dalam dedak juga berbeda-beda tergantung kualitas dedak bekatulnya. Untuk agan yang belum mengetahui kandungan-kandunganyang terdapat pada dedak bekatul, silahkan simak beberapa ulasan dibawah ini.

Kandungan pada dedak bekatul

 Kandungan gizi serta manfaat dedak bekatul untuk ayam bangkok aduan

Dedak bekatul mengandung serat kasar 6-12 %, energi metabolis sebesar 2100kkal/kg, protein kasar 11 %, lemak 13 %, serat kasar 11,4 %, Ca 0,07 %, P tersedia 0,21 %, serta Mg 0,22 %. Salah satu kandungan yang terdapat dalam dedak bekatul adalah sumber karbohidrat yang cukup tinggi, oleh karena itu peternak unggas khususnya peternak ayam sering menggunakan dedak bekatul sebagai campuran pakan ternaknya, pemberian dedak bekatul pada ayam aduan sangat bermanfaat untuk memperkokoh kekuatan otot karena dedak bekatul memiliki kandungan vit B12, selain memperkokoh kekuatan otot juga dapat mencegah tedun/ turun urat setelah diadu atau berlaga. Namun untuk pemberian dedak bekatul pada ayam bangkok aduan sebaiknya tidak lebih dari 20 %, karena penggunaan dedak sebagai bahan campuran pakan ayam yang melebihi 30 % bisa menurunkan pertumbuhan bobot ayam aduan tersebut. Hal demikian disebabkan karena tingginya kandungan lemak dalam asam fitat dalam dedak padi menyebabkan fosfor yang terkandung di dalamnya tidak dapat diserap oleh ayam dengan baik.

Disamping itu, ayam aduan yang terlalu banyak mengkonsumsi serat kasar biasanya performance fisiknya jadi kurang baik, seperti perutnya besar dan menggelantung. Kelemahan utama dedak padi atau bekatul adalah kandungan serat kasarnya yang cukup tinggi, yaitu 13,0 % dan adanya senyawa fitat yang dapat mengikat mineral dan protein sehingga sulit dapat di manfaatkan oleh enzim pencernaan. Inilah yang merupakan faktor pembatas penggunaannya dalam penyusunan ransum. Namun, dilihat dari kandungan proteinnya yang berkisar antara 12 - 13,5 %, bahan pakan ini sangat diperhitungkan dalam penyusunan pakan ayam aduan.

Dan demikian artikel kali ini mengenai kandungan gizi serta manfaat dedak bekatul untuk ayam laga. Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca dan semoga sedikit informasi diatas dapat bermanfaat buat agan. Kunjungi juga www.bangkokterbaik.online untuk membaca ulasan tentang tips merawat, mengobati dan juga ciri fisik ayam bangkok aduan berkualitas.

0 Response to "Kandungan Gizi Serta Manfaat Dedak Bekatul Untuk Ayam Laga"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel