Tips Melatih Ayam Bangkok Aduan Dengan Baik Dan Benar


Tips melatih ayam bangkok aduan yang baik dan benar - Untuk jenis perawatan pada ayam bangkok aduan yang baik dan benar hendaknya didasari dengan tujuan untuk memperoleh stamina serta fisik yang baik dan juga pukulan yang keras, cepat dan akurat. Ayam aduan yang memiliki pukulan akurat, cepat dan keras menjadi pilihan tersendiri bagi penghobi ayam laga, karena pukulan yang maksimal akan mengakibatkan pukulan lebih fatal, sebab pukulan tersebut tidak bisa diantisipasi oleh ayam lawah. Terkadang ayam aduan yang terkena pukulan cepat biasanya akan mudah kehilangan konsentrasi dalam bertarung.

Untuk itu kali ini saya akan berbagi sedikit pengalaman tentang tata cara melatih ayam aduan yang baik dan benar, antara lain adalah sebagai berikut.

 Tips melath ayam bangkok aduan dengan baik dan benar


1. Tips Melatih Fisik Ayam Aduan

Ayam aduan yang telah menginjak usia kurang lebih 7bulan biasanya mulai menampakan kedewasaanya ditandai dengan terpesona ketika bertemu atau berdekatan dengan lawan jenisnya. Untuk perawatan ayam aduan usia 0 sampai 7 bulan, agan bisa klik disini.

Untuk perawatan ayam remaja pada pagi hari ayam mulai dijemur secara rutin, lakukan setidaknya 1 jam atau ditandai ayam sudah terlihat ngos-ngosan. Batas waktu penjemuran yang baik yaitu berkisar hingga pukul 10 pagi, atau bisa juga pada sore hari mulai jam 3 - selesai. Namun penjemuran yang baik dilakukan pada waktu pagi hari jika agan memiliki waktu. Dan setelah penjemuran selesai, agan bisa umbar ketempat yang lebih teduh kira-kira berukuran 1m×2m. Tunggu selama kurang lebih 15menit setelah ayam aduan berhenti ngos-ngosan dan kemudian diberi air minum + buah tomat secukupnya. Selama proses ini berjalan, ayam aduan cukup diberi latihan yang ringan-ringan saja. Hal ini bertujuan untuk menjaga kesehatan bulunya, karena pada usia remaja ayam aduan memiliki kulit yang sensitif dan bulu gampang rontok.

2. Cara Melatih Pukulan

Tentunya agan semua sudah mengetahui jika latihan loncat untuk ayam aduan cukup penting, karena pada saat ayam kita memukul lawan selalu dalam keadaan sedang meloncat. Dan latihan ini bertujuan memukul musuh di udara. dan akan menambah tenaga pukulannya secara maksimal, Untuk menghasilkan ayam aduan yang bisa melompat dengan baik. Agan hanya perlu meloncat-loncatkan ayam ke udara secara berulang. Caranya dengan tangan kiri memegang dada ayam kemudian tangan kanan memegang pangkal ekor, dan selanjutnya agan bisa meloncatkan ayam aduan ke udara, jangan terlalu tinggi, lakukan loncatan 5 - 10 kali pada pagi hari. Latihan tersebut selain meningkatkan kekuatan kuda-kuda juga dapat meningkatkan kekuatan otot sayap. Usahakan saat melakukan pelatihan kondisi ayam benar-benar sehat dan fit/ tidak pucat.

3. Cara Melatih Nafas

Untuk melatih pernafasan ayam bangkok aduan, agan bisa memberikan pelatihan kliter, caranya persiapkan terlebih dahulu kandang bulat ukuran kecil dan sedikit lebih besar, kemudian masukan ayam kedalam kandang bulat yang berukuran kecil, selanjutnya dobel kandang bulat yang berukuran kecil dengan kandang bulat yang lebih besar, tujuannya agar ayam tidak bertarung, atau bahasa jawanya bajroh. Yang terakhir lepaskan ayam yang kita latih di luar kandang dan otomatis ayam aduan yang kita latih akan berlali mengelilingi kandang tersebut, lakukan pelatihan secukupnya. Hal yang perlu agan perhatikan khususnya pemula, setelah melakukan pelatihan jangan langsung diberi minum, tunggu beberapa saat sampai ayam aduan berhenti ngos-ngosan.

Selain latihan kliter diatas untuk meningkatkan pernafasan agan juga bisa memberikan latihan renang. Latihan ini bertujuan untuk melatih pernafasan serta otot-otot ayam terutama otot kaki. Caranya yaitu lemparkan ayam kekolam  dan berikan pengawasan. Sampai pada akhirnya ayam menepi dengan sendirinya. Atau bisa dingan cara tangan memegangan ekor dan selanjutnya letakkan ayam kepermukaan air, dan kemugiam siram kepala ayam dengan air sedikit demi sedikit. Hal tersebut akan membuat ayam aduan akan dipaksa untuk berenang, Lakukan pelatihan tersebut kurang lebih 5menit dan cukup 1minggu sekali dan hentikan pelatihan renang seminggu sebelum ayam diabar/ jajal tarung.

Setelah agan melakukan pelatihan kurang lebih 2 bulan, selanjutnya agan bisa menguji kemampuannya ayam aduan dalam bertarung. Agan bisa memberikan jajal tarung atau diadu, untuk jajal tarung pertama dalam durasi kurang lebih 5menit jangan dipaksakan. Dan jajal kedua bisa ditingkatkan kurang lebih 10 menit dan seterusnya.

Dan demikianlah ulasan kali ini mengenai tips melatih ayam bangkok aduan yang baik dan benar, terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca sedikit informasi diatas dan semoga bermanfaat buat agan khususnya pecinta ayam aduan. Kunjungi juga www.bangkokterbaik.online untuk membaca artikel menarik lainnya. Dan salam satu hobi.

0 Response to "Tips Melatih Ayam Bangkok Aduan Dengan Baik Dan Benar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel