Tutorial Sukses Beternak Ayam Jawa Atau Ayam Kampung


Tutorial sukses beternak ayam kampung buat sampingan. Jika kita bicara tentang ayam bangkok aduan mungking sudah sangat familiar di berbagai kalangan masyarakat. Namun, jika kita bicara tentang ayam kampung? Paling hanya ibuk - ibuk yang semangat untuk membahas hal tersebut. Karena anak - anak muda zaman now mungkit sudah jauh - jauh jika disuruh membahas ulasan mengenai "ayam kampung". Padahal beternak ayam kampung adalah suatu kesibukan yang menguntungkan.

Seperti judul artikel diatas, kali ini saya akan membahas tentang tips atau tutorial sukses beternak ayam jawa atau ayam kampung, antara lain sebagai berikut.

 Tips sukses beternak ayam jawa atau ayam kampung

Beternak ayam kampung sebenarnya sudah lama dilakukan oleh masyarakat, bahkan di lingkungan sekitar kita pun banyak yang beternak ayam kampung. Cara dan teknik beternak tidak diperlukan tehnik atau skil khusus. Namun, yang kita perlukan adalah kesabaran dan perawatan yang baik. Salah satunya adalah menggunakan metode pemeliharaan beternak ayam kampung dengan cara diumbar bebas (diliar). Hal tersebut karena ayam kampung tidak mudah terserang penyakit, berbeda dengan ayam aduan. Namun kali ini saya tidak membahas ulasan tentang ayam aduan.

Dan dibawah adalah langkah - langkah yang bisa membantu agan untuk memulai usaha beternak ayam kampung:

1. Membangun keyakinan untuk memulai usaha ternak ayam kampung dan memaksimalkan kekuatan dalam diri untuk siap menghadapi resiko yang akan di alami si kemudian hari.

2. Untuk modal coba agan pikir - pikir dulu. Karena yang namanya usaha harus bermodalkan uang. Tapi, sebenarnya yang paling sulit adalah modal mental yang siap untuk menerima resiko menjadi seorang pembisnis. Tanamkan dalam diri kita sikap percaya diri untuk memulai usaha kita dengan modal seadanya, untuk sementara waktu. Tetap fokus dan jangan terlalu muluk - muluk dan angan - angan yang belum jelas.

3. Menentukan lokasi usaha untuk beternak ayam kampung. Penentuan lokasi usaha seringkali diabaikan oleh pecalon peternak unggas, sehingga tak sesikit pengusaha peternakan yang berhenti ditengah jalan lantaran mendapat protes dari masyarakat sekitar. Secara, masyarakat tersebut mengkin terusik atau terganggu entah dari bau yang tidak sedap dan sebagainya.

4. Usaha beternak ayam kampung dapat dimulai kapan saja asal semua faktor pendukung usaha telah tersedia. Seperti bibit ayam, pakan dan kandang. Waktu yang sedikit tepat untuk memulai usaha beternak ayam kampung adalah 2-3 bulan sebelum hari llebaran, imlek dan tahun baru masehi. Mengapa? Karena pada waktu itu permintaan daging ayam kampung rata-rata meningkat sehingga kita tidak khawatir produksi kita tidak terjual.

5. Untuk memulai usaha beternak unggas tentunya akan menjadi sesuatu keharusan untuk belajar akan seluk beluk dan liku - liku cara beternak. Yang perlu diperhatikan adalah kita harus membedakan usaha barang mati dan dengan barang hidup. Dengan berbekal sedikit pengetahuan dari membaca, membaca dan membaca. Juga mengikuti pelatihan atau dengan metode bertanya pada peternak yang lebih berprngalaman, saya rasa sudah cukup sebagai modal utam untuk memulai usaha.

6. Persiapan bibit ayam kampung (DOC) dapat diperoleh dengan beberapa cara. Seperti, menetaskan sendiri atau membelinya dari produsen terpercaya. Kalau agan menetaskan sendiri itu lebih baik dan lebih menguntungkan. Akan tetapi untuk menetaskan telur sendiri perlu sedikit keahlian dan biaya untuk membeli mesin penetas telur. Untuk sementara bisa membeli (DOC) terlebih dahulu. Dan semoga seiring dengan perjalanan waktu, agan bisa mencoba menetaskan (DOC) sendiri.

7. Jika sudah diyakini usaha agan akan dapat berjalan dalam waktu yang lama. Maka ada baiknya jika agan membangun kandan ayam yang Kandang.

8. Pencegahan penyakit bisa dilakukan antara lain dengan pemberian vaksin minimal 3bulan sekali. Sedangkan untuk usaha penanganan penyakit adalah dengan melakukan penanganan atau tindakan yang benar dalam mengobati beebagai macam penyakit.

9. Untuk pemasaran agan bisa memanfaatkan sosial media seperti instagaram, twiter, wa dan salah satunya yang paling mudah adalah pemasaran lewat grub facebook. Juga bisa mencoba menawarkan kepasar - pasar terdekat.

Dan demikianlah artikel kali ini mengenai tutorial sukses beternak ayam kampung atau ayam jawa. Terima kasih sudah membaca sedikit informasi diatas dan semoga bermanfaat. Untuk tips merawat, mengobati dan juga ciri fisik ayam bangkok aduan bisa kunjungi di www.bangkokterbaik.online dan salam satu hobi.

0 Response to "Tutorial Sukses Beternak Ayam Jawa Atau Ayam Kampung"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel