Cara Mudah Mengobati Paruh Ayam Patah Atau Lepas


Cara mengobati paruh ayam patah atau lepas - Paruh ayam bangkok aduan yang patah atau lepas ini tak bisa dibiarkan begitu saja, harus ada penanganan khusus lebih lanjut. Untuk mengobati paruh ayam aduan yang patah dibutuhkan cara merawat dan penanganan yang tepat. Karena kalau tidak dilakukan dengan penanganan yang cepat dan tepat, ayam aduan akan mengalami kesakitan dan tidak jarang berujung pada kematian.

Karena itu, simaklah beberapa cara mengobati paruh ayam bangok aduan patah atau lepas, adalah sebagai berikut:

 Cara mengobati paruh ayam patah atau lepas

Pertama dengan cara mengusap bagian paruh yang patah tadi dengan air hangat lalu berikan obat anti inflamasi (bisa Merk Trombophop atau merk yang lainnya). Pemberian obat jangan dilakukan setiap hari, cukup 2 hari sekali saja.

Kedua sering mengusap paruh ayam aduan yang patah sesering mungkin dengan menggunakan air hangat lalu diolesi dengan kunir atau kapur sirih, bisa juga dengan bawang putih di pagi dan sore hari. Pengobatan ini bisa menghilangkan bakteri pada luka yang terbuka agar tidak terkena infeksi.

Ketiga pemberian pakan ayam bangkok aduan yang mudah dicerna serta tidak keras saat masa penyembuhan.

Selain langkah – langkah pengobatan di atas , ternyata masih ada pengobatan alternatif lain untuk mengobati paruh ayam aduan yang patah, berikut ini ulasannya:

– Cara yang paling cepat untuk mengobati paruh yang patah adalah dengan mengoleskan belimbing sayur pada bagian pangkal patuk (bukan pada bagian ujungnya tapi bagian pangkal paruh yang dekat jengger / pial ayam). Hal ini bertujuan supaya dapat mempercepat proses pertumbuhan paruh ayam aduan yang baru. Belimbing wuluh memiliki kadar asam yang tinggi sehingga bisa merangsang proses pertumbuhan paruh ayam.

– Selain itu ayam diberi makan jagung yang telah direndam air selama semalam. Selain paruh tidak menjadi kotor, jagung memiliki banyak kandungan kalsium, yang berfungsi mempercepat pertumbuhan tulang baru.

Kalau menangani paruh ayam yang lepas bisa dengan cara berikut ini:

– Bersihkan paruh ayam.

– Ambil putih telur kemudian oleskan pada paruh.

– Tempelkan paruh yang lepas dengan menggunakan putih telur ke paruh ayam.

– Untuk hasil yang maskimal, paruh bisa diikat dengan benang supaya putih telur tadi lebih merekat. Agan harus berhati – hati, kurang lebih 1 – 2 minggu benang baru bisa dibuka. Cara ini digunakan untuk membantu paruh yang baru tumbuh agar menjadi kuat dan untuk melindungi paruh yang sedang tumbuh karena masih lunak.

– Untuk asupan makanan, sementara ayam diberikan yang lembek / lunak dulu. Contohnya diberi pur + nasi yang masih dalam kondisi hangat. Hasilnya akan lebih optimal jika rutin dilakukan.

Demikian artikel tentang cara mengobati paruh ayam patah atau lepas, mohon maaf bilamana ada kesalahan, semoga bermanfaat buat agan. Jangan lupa kunjungi http://bangkokterbaik.blogspot.com untuk membaca artikel menarik lainnya. Salam satu hobi.

0 Response to "Cara Mudah Mengobati Paruh Ayam Patah Atau Lepas"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel