Rutinitas ayam bangkok sehari hari yang wajib dilakukan para penghobi ayam aduan


Rutinitas ayam bangkok sehari hari yang wajib dilakukan - Merawat ayam laga bukan hanya soal memilih bibit, kandang dan pakan saja. Melainkan ada beberapa rutinitas tersendiri yang biasanya dilakukan para pehobi ayam bangkok aduan yang sudah berpengalaman. Rutinitas ini diyakini mampu memaksimalkan kekuatan dan juga ketahanan ayam laga. Yang namanya rutinitas, berarti aktivitas yang harus dilakukan setiap harinya.


Berikut beberapa rutinitas yang dilakukan para botoh senior atau penghobi ayam laga:


 Rutinitas ayam bangkok sehari hari yang wajib lakukan


Memandikan dan menjemur ayam

Memandikan ayam aduan menjadi rutinitas yang perlu dilakukan setiap hari. Biasanya ayam dimandikan saat jam 6 hingga 7 pagi dengan menggunakan air bersih. Memandikan ayam aduan sangat penting bagi kesegaran dan kesehatan ayam aduan. mungkin perlu belajar bagaimana cara memandikan ayam laga yang benar. Setelah dimandikan, ayam biasanya akan dijemur di bawah matahari sampai jam 9 atau kurng lebih selama satu jam penjemuran  saat matahari masih hangat.

Mengumbar ayam

Mengumbar atau membiarkan ayam melakukan aktivitas yang mereka sukai di halaman atau pekarangan juga menjadi rutinitas yang sangat penting. Mengumbar ayam bisa dilakukan setelah memandikan sambil ayam mengeringkan dan mengepakkan sayap atau kapan saja agar ayam tidak suntuk berada di dalam kandang, mencari makanan tambahan sendiri dan manfaat lainnya yang berhubungan dengan sifat alaminya. Ini sangat penting untuk menghilangkan stress.

Membuat ayam berlari

Paling tidak, selama 3 kali dalam seminggu, ayam laga perlu berlari agar otot - ototnya tetap kencang dan aliran darah tetap lancar. Untuk membuat ayam aduan berlari, cukup diberikan ayam betina yang belum siap kawin atau ayam untulan untuk dikejar - kejar sampai kelelahan. Pastikan ayam dilepas di halaman atau pekarangan yang luas agar lebih leluasa ketika melakukan pengejaran.

Istirahat

Istirahat sangat penting untuk stimulasi dan mengembalikan energi tubuh ayam laga. Istirahat biasanya dilakukan saat usai laga atau usai diumbar. Pada umumnya jam istirahatnya adalah saat pukul 4 sore. Aktivitas istirahat ini bisa dilakukan di dalam kandang yang teduh beralaskan karpet. Hal tersebut agar ayam tidak berlarian. Dan cara ini terbukti efektif untuk membiarkan ayam tumbuh dan kembang dengan baik.

Memberikan suplemen

Pemberian suplemen tambahan ini sangat penting bagi semua jenis ayam laga. Suplemen ini bisa berupa kemasan yang ada di toko atau ramuan tradisional yang terbuat dari bahan-bahan herbal dan diolah dengan tangan sendiri seperti jamu pemulihan tenaga, jamu nafas panjang, jamu agar terhindar dari penyakit dan lain sebagainya. Jamu ini resepnya biasanya diwariskan dari para pehobi ayam laga masa lalu dan sudah terbukti hingga saat ini.

Beberapa rutinitas di atas memang sebaiknya dilakukan setiap hari agar ayam selalu dalam keadaan sehat dan kuat. Ayam aduan yang diperlakukan dengan beberapa rutinitas di atas telah terbukti menjadi ayam yang lebih tangguh, terhindar dari stress dan tentu saja lebih sehat. Jadi, ayam laga tidak harus selalu dikurung selama seharian atau bahkan berhari-hari.


Baca juga





Demikian sedikit informasi dari saya tentang rutinitas sehari hari yang wajib diberikan pada ayam aduan. Terimakasih sudah membaca dansemoga bermanfaat buat agan agan semuanya. Kunjingi juga http://bangkokterbaik.blogspot.com untuk membaca artikel menarik lainnya. Salam satu hobi.

0 Response to "Rutinitas ayam bangkok sehari hari yang wajib dilakukan para penghobi ayam aduan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel