Tips Jitu Mengatasi Induk Babon Betina Memakan Telurnya Sendiri


Tips jitu mengatasi babon betina memakan telurnya sendiri - Pada artikel kali ini saya akan memberikan sedikit tips atau cara mengatasi induk babon betina memakan telurnya sendiri. Namun, sebelum ke topik pembahasan alangkah indahnya agan terlebih dahulu mengetahui apa penyebab induk babon betina sampai hati memakan telurnya sendiri, dan dibawah ini adalah faktor penyebabnya, antara lain:



1.Ukuran kandang yang terlalu kecil, sehingga menyebabkan telur pecah akibat terinjak injak oleh induk babon tersebut, hal tersebut akan mendorong induk betina memakan telur nya sendiri.

2. Kurangnya Asupan Ca dan vitamin D. Ca dan vitamin D sama-sama berperan penting dalam pembentukan cangkang telur, dan kurangnya kedua nutrisi tersebut menyebabkan cangkang telur yang dihasilkan tipis dan lembek. Kondisi itu pula yang nantinya menyebabkan telur mudah retak dan merangsang ayam memakan telurnya sendiri.

3. Induk ayam betina tidak mendapatkan asupan air minum yang cukup. Dampaknya, ayam tersebut akan mencari sumber air lainnya. Dan bukan tidak mungkin induk babon tersebut mendapatkan sumber air dari telurnya sendiri.

Nah, setelah kita mengetahui penyebabnya, berikut ini adalah cara untuk menghentikan kebiasaan induk babon betina memakan telurnya sendiri, simak ulasan lengkapnya dibawah ini:

Pertama-tama siapkan dahulu bahannya, yaitu telur palsu. Agan bisa menggunakan bola golf atau benda apa saja yang menyerupai telur ayam, bisa 3 sampai 5. Selanjutnya taruh pada petarangan induk betina tersebut, biarkan bertelur seperti biasa, dan setelah mulai bertelur simpan telur yang asli tersebut, dan tunggu beberapa hari sampai tiba saatnya indukan ayam bangkok mulai mengeram yang ditandai dengan nyanyian "kruk-kruk-kruk", itu adalahpertanda bahwa induk babo mau mengeram. Jika sudah dipastikan benar benar mengeram, segera tukarkan telur yang palsu dengan telurnya yang asli.

Untuk tips pemberian pakan. berikan pakan pada ayam tersebut beruapa rebusan ikan ikan mujair, lele atau gabus. Setelah proses pemblenderan selesai campurkan pakan tersebut dengan voer + bekatul + jagung. Pemberian kosentrat juga dianjurkan untuk meningkatkan produksi telur ayam tersebut. Selain itu juga dapat mempercepat proses bertelurnya.


Baca juga



Kurng lebihnya begitu cara mengatasi ayam bangkok betina memakan telurnya sendiri. Dan ulasan di atas tak lain adalah hasil dari pengalaman sendiri. Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel kali ini dan semoga bermanfaat buat agan, selamat mencoba dan semoga berhasil. Kunjungi juga http://bangkokterbaik.blogspot.com untuk membaca artikel menarik lainnya. Salam satu hobi.

0 Response to "Tips Jitu Mengatasi Induk Babon Betina Memakan Telurnya Sendiri"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel