Tips Atau Cara Merawat Ayam Bangkok Setelah Diadu


Perawatan pada ayam bangkok setelah diadu sangat penting untuk kesehatan dan yang lebih penting lagi akan menentukan karir ayam tersebut untuk kedepannya. Sudah sering kali terjadi pada ayam bangkok aduan setelah diadu kurang diperhatikan membuat ayam kehilangan karakter bertarungnya, bahkan ada yang lebih parah lagi seperti jatuh mental, cacat bahkan pada akhirnya mati.

Nah, untuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan, dibawah ini adalah cara merawat ayam bangkok setelah diadu, antara lain sebagai berikut:

 Perawatan pada ayam bangkok setelah diadu

1. Segera koroki ayam tersebut, bersihkan tenggorokannya yang penuh lendir dengan menggunakan bulu ayam. Dan usahakan mengkoroki dengan bulun yang bagus dan panjang. Jika ayam setelah diadu tidak dibersihkan tenggorokannya maka kemungkinan besar akan terkena penyakit krok/ ngorok.

2. Beri minum ayam tersebut bila sudah dikoroki. cukup sekali saja dengan cara melolohkan langsung menggunakan busa/ spon.

3. Mandikan ayam secara keseluruhan (pada bagian badan ayam yang tidak ditumbuhi bulu). Seluruh tubuh dibasahi agar semua noda darah di tubuhnya hilang.

4. Bersihkan luka ayam menggunakan air hangat. bersihkan luka-lukanya sampai noda darah terangkat, usahakan bagian luka tersebut jangan digosok karena akan menyebabkan rasa sakit. Dan membuat mental ayam turun.

5. Setelah bersih, olesi lukanya dengan obat antiseptik, seperti obat betadin atau yang lainnya. Atau bisa juga menggunakan bubuk kopi.

6. Jika luka sobek terkena taji lawan. Luka tersebut dapat dijahit. Untuk obat dalam, berikan antibiotik, seperti amoxcilin. Obat tersebut sangat ampuh menyembuhkan luka dari dalam dan luka pun akan cepat mengering, cukup dengan satu butir pil saja.

7. Pemberian antibiotik alami seperti kunyit. Caranya haluskan kunyit tersebut kemudian oleskan ke seluruh bagian yang luka dan juga seluruh bagian kulit tubuh yang mungkin saja ada memar-memar kecil yang tidak terlihat. pemberian kunyit ini lebih aman dari pada memakai obat kimia.

8. Untuk ayam yang matanya terkena taji sebaiknya diberi getah pohon kelor, Caranya daun kelor dipetik bersama tangkainya, lalu lembar daun dipatahkan dari tangkainya. Dari patahan tadi akan keluar getah, kemudian diteteskan 2-3 tetes.

9. Perawatan otot dan kaki, lemaskan seluruh otot-otot ayam mulai dari otot leher, sayap, hingga otot paha dan kaki, Oleskan (jangan diurut) pada kaki dan paha atau yang lainnya dengan bahan - bahan hangat seperti parutan jahe, batang sereh, atau yang gampang pake GPU atau Geliga.

10. Kandangkan ayam aduannya di tempat menyendiri, agak jauh dari ayam jago lainnya, dekatkan dengan ayam betina, untuk memancing gairah mental untuk mempercepat proses penyembuhan.

Baca juga


Demikinan sedikit informasi dari saya mengenai cara merawat ayam bangkok setelah diadu, mohon maaf bila mana ada kesalahan. Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel diatas. Kunjungi juga http://bangkokterbaik.blogspot.com untuk menambah wawasan tentang tips merawat, mengobati dan juga ciri fiaik ayam aduan. semoga artikel kali ini dapat bermanfaat buat agan, salam satu hobi.

0 Response to "Tips Atau Cara Merawat Ayam Bangkok Setelah Diadu"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel