Perawatan Maksimal Pada Ayam Bangkok Saat Musim Hujan


Perawatan maksimal pada ayam aduan saat musim hujan - Pada musim hujan, akibat suhu udara tersebut akan membuat kelembaban semakin meningkat, terlebih jika kondisi curah hujan lebih tinggi, kondisi pada musim hujan sudah pasti akan membuat kandang ayam menjadi lebih kotor. Dan hal tersebut dapat mempengaruhi lingkungan untuk mendatangkan bibit penyakit, karna bibit penyakit lebih mudah menyebar pada musim hujan ketimbang musim kemarau. Untuk itu, perlu ada perhatian khusus untuk melakukan perawatan kandang dan ayam aduan kesayangan agan.

 Perawatan maksimal pada ayam aduan saat musim hujan

Hal yang perlu diperhatikan adalah kerutinan dan ketelatenan dalam melakukan perawatan. Berikut beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan untuk merawat ayam aduan pada musim penghujan:

1. Pakan
Campur makanan anak ayam yang masih berumur dibawah 7 bulan dengan parutan kencur dan kunyit. Caranya voer diberi sedikit air secukupnya dan kemudian dicampur dengan larutan kencur dan kunyit tersebut, lalu aduklah hingga merata. Setelah itu beeikan pada ayam aduan kesayangan agan.

Usahakan pada malam hari tempatkan kandang ayam di tempat yang lebih hangat dan hindari dari angin luar apalagi sampai terkena air hujan.

2. Bersihkan kandang
Bakteri seringkali berkembang dengan cepat pada musim penghujan. Untuk itu, sangat penting untuk membersihkan kandang ayam agar terbebas dari kontaminasi bakteri. Terkadang campuran kotoran dan air hujan bisa mengundang pertumbuhan bakteri, sementara kandang yang dalam kondisi kering dan bersih akan membuat bakteri lebih sulit berkembang biak.

3. Jaga kebersihan ayam
Saat musim penghujan tiba, hal ini tentu menjadi kewajiban yang harus dilakukan. Ayam perlu dimandikan agar tetap bersih dan terhindar dari bibit penyakit. Dan pastikan kondisi hari terik dan ada sinar matahari langsung untuk proses penjemuran si ayam saat dimandikan. Untuk  ulasan mengenai beberapa manfaat menjemur ayam aduan sudah saya rangkum disini.


4. Berilah kandang ayam dengan penghangat

Terutama untuk anak ayam adalah suatu hal wajib pada musim penghujan, untuk memberikan lampu sebagai penghangat pada malam hari. Karena dimusim penghujan suhu udara akan menjadi sangat dingin, oleh karena itu penghangat sangat diperlukan. Agan bisa memberikan lampu 5watt merek ciyoda yang terbukti awet.

5. Tutuplah kandang ayam
Penutupan kandang, terutama pada malam hari sangat penting, karena suhu udara akan menurun pada malam hari dan akan terasa sangat dingin. Jadi, perlu ada penutupan kandang agar udara dingin tidak bebas keluar masuk. Akan tetapi pastikan masih ada udara yang masuk dalam kondisi wajar agar ayam tidak sesak.


6. Ayam bangkok di umbar pada siang hari

Saat matahari terik, ada baiknya ayam aduan dijemur dibawah sinar matahari. Ini berguna agar suhu ayam tetap stabil. Selain itu sinar matahari juga diperlukan untuk pembentukan vitamin D dan sangat memberikan efek positif pada ayam aduan dari segi kekuatan dan juga stamina. Dan kemudian selanjutnya bisa agan umbar secukupnya.

7. Pemberian multivitamin
Pada musim penghujan, daya tahan tubuh ayam sangat diperlukan agar bisa melawan efek cuaca dan lingkungan yang kurang baik. Pemberian suplemen dan multivitamin juga diperlukan selain vaksinasi secara berkala. Selain vitamin, agar si ayam terbebas dari cacing, maka pemberian obat cacing juga perlu.


8. Pemberian ramuan tradisional

Selain obat-obatan dan vitamin, berbagai macam ramuan tradisional bisa diberikan pada si ayam agar suhu tubuhnya tetap stabil. Contohnya jahe yang berguna sebagai penghangat internal alami. Cukup berikan parutan dan air jahe atau campurkan pada pakan selama 2 hari sekali.

9. Pemberian makanan yang bergizi
Makanan bergizi dan bernutrisi juga perlu sebagai penunjang kesehatan dan daya tahan tubuh ayam aduan. Hal yang perlu diperhatikan adalah kualitas dari pakan yang diberikan kepada ayam tersebut. Hindari pemberian pakan yang terkontaminasi bakteri, virus atau jamur.

Pakan berkualitas buruk akan mengurangi asupan gizi tubuh ayam aduan. Dan dapat menyebabkan ayam lebih mudah terserang penyakit, dikarenakan sistem kekebalan tubuh ayam terhadap penyakit berkurang.

10.  Menjaga kebersihan dan kualitas air minum
Selain makanan, kualitas air minum juga harus diperhatikan. Hindari air minum yang bercampur dengan air hujan karena air hujan sangat berbahaya untuk kesehatan ayam aduan. Terlebih air yang tidak bersih akan lebih mudah membawa kuman dan bibit penyakit. Sehingga akan lebih cepat menyebar ke bagian dalam tubuh ayam aduan ketika terminum.

Baca juga


Demikian sedikit informasi dari saya mengenai Perawatan maksimal pada ayam aduan saat musim hujan. mohon maaf bila mana ada kesalahan, semoga artikel diatas bermanfaat buat agan. Salam satu hobi. Kunjungi juga http://bangkokterbaik.blogspot.com untuk membaca artikel menarik lainnya.

0 Response to "Perawatan Maksimal Pada Ayam Bangkok Saat Musim Hujan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel