Cara Mengobati Penyakit Ngorok Atau Krok Pada Ayam Bangkok


Cara mengobati penyakit ngorok pada ayam aduan - Penyakit ngorok pada ayam aduan disebabkan oleh virus bakteri yang menyerang saluran pernafasan. Penyakit tersebut bisa dikatakan penyakit yang tidak begitu mematikan. Namun jika tidak segera di obati, penyakit ngorok pada ayam aduan akan menular, penularan penyakit ini selain melalui wadah pakan dan minum, juga dapat menular melalui udara pada saat ayam tersebut bersin menyebabkan lendir berserakan di udara.

Pada umumnya penyakit ngorok yang menyerang ayam aduan di sebabkan oleh dua hal, diantaranya adalah sebagai berikut:




1 ayam ngorok Non Infeksi

ayam ngorok non infeksi ini di sebabkan oleh tingginya suhu dan kelembaban yang tidak sesuai. Ciri-ciri ayam ngorok non infeksi ini di tandai dengan susahnya bernafas jika bernafas akan mengeluarkan bunyi "grok" seperti orang ngorok.

2 ayam ngorok karena infeksi penyakit

di tandai dengan ciri-ciri kotoran encer berwarna hijau bercampur putih , ayam ngorok , hidung mengeluarkan air , dan mata mengeluarkan air seperti busa. Jika ayam ngorok dan gejalanya seperti ciri-ciri tersebut sebaiknya kita langsung melakukan pengobatan.


Baca juga



Berikut cara mengobati penyakit ngorok pada ayam bangkok aduan, simak ulasan lengkapnya dibawah ini:

1 obat ngorok alami / tradisional

Bawang Putih
Cara penggunaannya cukup mudah, ambil dua sampai tiga siung bawang putih. Lalu haluskan atau rajang kecil kecil kemudian lolohkan pada ayam yang terserang penyakit tersebut. Lakukan setiap pagi dan sore. Biasanya dua sampai tiga hari ayam akan sembuh.

Mengkudu
Cara pemberiannya seperti cara diatas dan lakukan pagi dan sore hari.

Bawang merah
Ambil dua sampai tiga siung bawang merah lalu haluskan, rajang bawang merah tersebut. Kemudian lolohkan pada ayam tersebut.

Jeruk nipis
Cara mengobatinya campur perasan jeruk nipis dengan rebusan daun sirih. Berikan pagi dan sore, pemberianya bisa menggunakan suntikan.

2 obat ngorok Pabrikan

Vick Formula

Berikan dengan dosis 5-8 ml kepada ayam yang ngorok pagi dan sore dengan cara dilolohkan langsung.

-Tetaclor
Berikan sehari dua kapsul, berikan pagi dan sore. Untuk sore hari pemberian kapsul dengan cara di buka lalu di taburkan kemulut.

-Terakhir Trimezyn/Tryfural, kandistatin.
Untuk pemberian anda harus baca aturan pakai sebelum memberikanya.

Dalam masa penyembuhan sebaiknya ayam jangan di mandikan terlebih dahulu dan berikan makanan yang encer seperti vour diberi air hangat sedikit + nasi. Selalu perhatikan kebersihan tempat pakan dan juga lingkungan sekitar kandang agar terhidar dari bakteri. Jangan lupa selalu membersihkan atau korok tenggorokan ayam pagi dan sore.

Demikian sedikit informasi dari saya tentang cara mengobati penyakit ngorok pada ayam aduan. Semoga bermanfaat buat agan khususnya para penghobi ayam aduan. Kunjungi juga bangkokterbaik.blogspot.com untuk membaca artilel menarik lainnya. Terimakasih sudah membaca dan salam satu hobi.

0 Response to "Cara Mengobati Penyakit Ngorok Atau Krok Pada Ayam Bangkok"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel