Cara Memulihkan Stamina Ayam Bangkok Aduan Setelah Ditarungkan


Cara memulihkan stamina ayam aduan setelah ditarungkan - Setelah melakukan pertarungan yang sangat menguras tenaga, ayam aduan kesayangan kita pasti akan mengalami beberapa luka. Baik menang ataupun kalah, pasti kedua ayam aduan tersebut akan mengalami luka dan memar, Oleh karena itu luka harus segera di tangani. Tenaga ayam aduan yang terkuras harus secepatnya dipulihkan supaya tubuh ayam tetap prima dan bisa beraktivitas kembali seperti sedia kala. Pada artikel kali ini saya akan mengulas tentang cara merawat ayam bangkok aduan setelah ditarungkan, supaya performanya tetap terjaga dan kekuatan fisiknya tetap kuat.

Dan dibawah ini adalah cara merawat ayam bangkok aduan setelah ditarungkan, antara lain sebagai berikut.


 Cara memulihkan stamina ayam aduan setelah ditarungkan


Kita sebagai para bobotoh ayam bangkok aduan sebaiknya memberikan beberapa perawatan setelah ayam bangkok melakukan pertarungan. Terutama kalau ayam aduan mengalami cidera berat sehingga mebutuhkan penanganan yang serius agar cidera dan luka yang dideritanya cepat sembuh.


Baca juga





1. Penyembuhan Luka


Bagian- bagian tubuh ayam yang sering mengalami cidera ketika bertarung adalah bagian sayap, leher dan kepala. Cidera ini harus segera ditangani dengan cepat agar cidera dan luka yang dialami oleh ayam cepat mengering, sehingga menurunkan risiko terinfeksi bakteri.

Cara merawat ayam bangkok yang terluka, bisa dilakukan dengan memberikan obat luka dalam dan obat luar, biasanya saya menggunakan amocxiline untuk obat dalam sedangkan obat luar saya menggunakan bubuk kopi jika lukanya terlalu parah.

2. Pemulihan Saluran Pernapasan

Selain luka luka luar, luka dalam pun harus mendapatkan perhatian, terlebih berhubungan dengan saluran pernapasan yang sangat pentin dalam jalannya pertandingan.

Setelah melewati pertarungan yang sengit, pasti saluran napas ayam aduan akan mengalami kelelahan. Untuk menghindari infeksi bakteri, ayam aduan harus dikasih antibiotik yang bisa dipakai untuk penyembuh peradangan pada saluran pernapasan ayam, misalnya Vaksin CRD.


3. Pemulihan Stamina


Vitalitas dan stamina ayam aduan yang habis ditarungkan perlu untuk dipulihkan kembali.

Pemulihan ini bisa dilkakan dengan beberapa cara yaitu:
- Pertama berikan jamu racikan sendiri yang berbahan beras, kencur basah, telur bebek, madu dan gula aren.
- Setelah diberikan jamu, mandikan ayam dengan air rebusan daun sirih dan jahe supaya otot ayam tidak kaku.
- Yang terakhir, sekita 4 atau 5 hari ayam aduan dilepas bebas dengan ayam babon. Dan jangan lupa berikan minuman air gula, supaya staminanya benar - benar pulih.

Setelah masa pemulihannya selesai, upayakan agar ayam tidak melakukan aktifitas yang berat – berat dulu. Dan juga jauhkan ayam jantan lain untuk mendekat untuk mencegah adanya pertarungan dimana kondisi fisik ayam aduan belumlah stabil. Masukan ia didalam kandang yang khusus, lalu pastikal kalau ayam aduan tersebut mendapatkan pakan, minum dan suplemen yang cukup.


Baca juga



Nah, demikianlah beberapa perawatan yang bisa dilakukan pada ayam bangkok aduan setelah bertarung. Perawatan tersebut mampu menentukan vitalitas dan kesehatan ayam dalam kesehariannya. Semoga sedikit info diatas bisa bermanfaat. Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel diatas. Dan salam satu hobi. Jangan lupa kunjungi http://bangkokterbaik.blogspot.com untuk membaca artikel menarik lainnya.

0 Response to "Cara Memulihkan Stamina Ayam Bangkok Aduan Setelah Ditarungkan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel